Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

ACT Luncurkan Layanan Antar Makanan ke Rumah Warga

Selasa 27 Jul 2021 08:53 WIB

Red: Gita Amanda

Aksi Cepat Tanggap (ACT) didampingi Majelis Ulama Indonesia meluncurkan layanan Food Careline Services (FCS) Senin (26/7).

Aksi Cepat Tanggap (ACT) didampingi Majelis Ulama Indonesia meluncurkan layanan Food Careline Services (FCS) Senin (26/7).

Foto: ACT
Melalui layanan ini masyarakat bisa mendapatkan makan gratis yang langsung diantar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka kasus penyebaran Covid-19 yang terus melonjak, membawa dampak buruk ke masyarakat. Memenuhi kebutuhan makan menjadi hal yang sulit bagi sebagian masyarakat. Aksi Cepat Tanggap (ACT) didampingi Majelis Ulama Indonesia meluncurkan layanan Food Careline Services (FCS) Senin (26/7).

FCS merupakan layanan antar pangan gratis terintegrasi, yang berbasis teknologi sebagai solusi untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat terdampak pandemi. Presiden Aksi Cepat Tanggap Ibnu Khajar menerangkan, kehadiran program ini merupakan kolaborasi umat dengan ulama untuk kontribusi nyata kepada negara dan bangsa.

Baca Juga

“Ada hal besar yang kita siapkan untuk merespons, sebagai lembaga civil society kami tidak mungkin tinggal diam. Aksi Cepat Tanggap bekerja sama dengan MUI sebagai keberkahan dan kesejahteraan bangsa. Spirit ini yang kami sampaikan,” terang Ibnu dalam siaran pers, Selasa (27/7).

Vice President ACT Dwiko Hari Dastriadi menerangkan, untuk menggunakan layanan ini, masyarakat cukup menelepon ke nomor 0800-1-165-228 dan melengkapi data administrasi yang diperlukan. Nantinya, tim akan segera menyiapkan makanan siap saji di Central Kitchen yang tersebar di beberapa wilayah, bekerja sama dengan sejumlah rumah makan, dan di Humanity Food Bus.

Begitu makanan siap, Humanity Bikers akan menjemput makanan tersebut, dan mengantarkannya langsung ke rumah penelepon. “Layanan ini menargetkan sedikitnya 2.000 penelepon masuk tiap harinya. Makanan yang dibagikan pun, adalah makanan yang kami perhatikan rasa dan kandungan gizi di dalamnya. Sehingga, selain lapar yang hilang, pemenuhan gizi juga insyaallah tercukupi,” ujar Dwiko.

Ia menjelaskan, layanan ini juga akan bersinergi dengan 1.000 warung nasi yang tersebar di berbagai wilayah di Jabodetabek untuk menghadirkan 100 paket per warungnya. Bahkan Ibnu menambahkan, jumlah ini sangat mungkin bertambah hingga 2.000 atau 3.000 warung nasi.

Nantinya, Humanity Bikers akan langsung mengambil nasi dan lauk yang telah disiapkan pemilik warung, lalu mengantarnya ke rumah penelepon layanan FCS. Dengan begitu, bukan hanya berniat membantu masyarakat yang membutuhkan makan, tetapi juga ikhtiar membantu para pelaku usaha makanan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA