Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Kolaborasi, Grab dan Emtek Percepat Digitalisasi UMKM

Selasa 27 Jul 2021 06:49 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi

Logo Grab Indonesia (ilustrasi). Grab bersama Emtek Group mendorong percepatan digitalisasi UMKM.

Logo Grab Indonesia (ilustrasi). Grab bersama Emtek Group mendorong percepatan digitalisasi UMKM.

Foto: AP/Tatan Syuflana
Festival Kota Mapan akan menyasar lebih dari 1.000 UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi super, Grab, mengumumkan kolaborasinya bersama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau Emtek Group untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM. Keduanya akan memanfaatkan jangkauan dan kekuatan ekosistem yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan.

"Pada kolaborasi ini, Grab dan Emtek akan fokus mendorong percepatan digitalisasi dan menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan Indonesia," kata Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi, Senin (26/7).

Melalui kolaborasi ini, Neneng menjelaskan, Grab dan Emtek akan menghadirkan layanan digital yang lebih terjangkau demi memberikan kenyamanan untuk masyarakat. Grab dan Emtek juga akan menjajaki peluang bersama untuk berinvestasi dan membimbing perusahaan startup lokal melalui Kreatif Media Karya (KMK Online) dan Grab Ventures Velocity.

Inisiatif pertama yang digagas kedua perusahaan ini adalah menghadirkan Festival Kota Mapan. Menurut Neneng, ini adalah program akselerator yang bersifat menyeluruh dan menargetkan UMKM di kota-kota lapis kedua dan ketiga. Festival Kota Mapan ini akan diselenggarakan pertama kali pada September 2021 di Solo, Jawa Tengah. 

Program ini akan menyasar lebih dari 1.000 UMKM. Ribuan pelaku usaha tersebut akan difasilitasi program dukungan terintegrasi, program pelatihan, program kurasi serta solusi teknologi. Seluruh program itu akan didukung oleh Emtek Group dan Grab seperti Bukalapak, Grabfood, Grabkios dan Grabmart. 

Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group), Sutanto Hartono, menambahkan, kedua perusahaan belum membahas lebih lanjut terkait rencana spesifik untuk aksi korporasi lainnya. "Fokus kita saat ini adalah memastikan bagaimana bisa sejalan. Untuk itu kita fokus ke UMKM," kata Sutanto. 

Sutanto menjelaskan, Emtek belum lama ini menyelesaikan proses investasi di PT Grab Teknologi Indonesia yang mengelola GrabCar, GrabBike, GrabFood, GrabMart, Layanan Grosir, GrabFresh, Grab for Business, GrabHealth, dan Indonesia Bus Marketplace.

Emiten berkode saham EMTK ini telah menginvestasikan dana hingga total 375 juta dolar AS ke PT Grab Teknologi Indonesia, atau setara Rp 5,36 triliun. Pada 30 Juni 2021, Emtek menyuntik dana segar ke perusahaan yang bermarkas di Singapura tersebut senilai Rp 3,08 triliun. 

Sutanto mengatakan, dengan investasi ini EMTK dan Grab Indonesia dapat menjalin kerja sama yang lebih strategis. "Sinergi yang terbentuk akan membuka kesempatan dari kedua entitas untuk dapat mengeksplorasi bisnis di ekosistem digital lainnya yang dapat digarap secara bersama," kata Sutanto.

 

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA