Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Ketua DPD RI Minta Masyarakat Ikuti Aturan Perpanjangan PPKM

Selasa 27 Jul 2021 05:38 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti

Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti

Foto: Istimewa
Membatasi mobilitas masyarakat tentunya berdampak pada sejumlah sektor perekonomian.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti meminta masyarakat tetap mengikuti aturan meski pemerintah telah memutuskan memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4. "Saya memahami ini terasa berat. Karena membatasi mobilitas masyarakat yang tentunya berdampak terhadap sejumlah sektor perekonomian. Meski begitu saya berharap masyarakat tetap bertahan mematuhi kebijakan ini, karena PPKM akan membantu menurunkan lonjakan kasus Covid-19," ujar La Nyalla, di sela masa reses di Mojokerto, Jawa Timur, Senin (26/7).

Perpanjangan PPKM Level 4 dan Level 3 diberlakukan pada 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021 untuk Jawa-Bali dan sejumlah daerah non Jawa-Bali. Senator asal Jawa Timur itu menambahkan tren penurunan kasus Covid-19 sudah mulai terlihat berdasarkan data dari pemerintah. Yang artinya kebijakan PPKM telah menunjukkan hasil baik. "Semoga adanya perpanjangan PPKM ini membuat penurunan kasus semakin signifikan dari hari ke hari," ujar mantan Ketua Kadinda Jatim tersebut.

Baca Juga

Pemberlakuan PPKM Level 4 dan 3 dikaji berdasarkan tiga faktor, yaitu indikator laju penularan kasus, respons sistem kesehatan yang berdasarkan panduan dari WHO, serta indikator kondisi sosial ekonomi masyarakat. Mantan Ketua Umum PSSI tersebut yakin perpanjangan PPKM tidak akan terlalu memberatkan masyarakat karena berbagai pembatasan perlahan mulai disesuaikan Pemerintah.

PPKM Level 4 merupakan pembatasan yang paling ketat, kemudian PPKM Level 3 sudah cukup longgar, dan PPKM Level 2 disebut sebagai transisi. Meski sudah dilakukan penyesuaian PPKM, La Nyalla mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, termasuk kegiatan agama.

Sedangkan bagi daerah yang menerapkan PPKM Level 1 bisa mulai menerapkan kehidupan normal baru. Sehingga diperlukan usaha bersama agar semua daerah di Indonesia bisa secepat mungkin berada dalam kondisi tersebut secara merata.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA