Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Tjahjo Kumolo Ungkap Rencana Perubahan Besar Seluruh ASN

Selasa 27 Jul 2021 01:44 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin

Tjahjo Kumolo Ungkap Rencana Perubahan Besar Seluruh ASN (ilustrasi).

Tjahjo Kumolo Ungkap Rencana Perubahan Besar Seluruh ASN (ilustrasi).

Foto: Republika/Fakhri Hermansyah
Kementerian PANRB akan melakukan pergantian logo menjadi lebih sederhana.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri PANRB Tjahjo Kumolo akan meluncurkan core values dan employer branding aparatur sipil negara (ASN) pada 27 Juli 2021 sebagai langkah perubahan. Peluncuran ini bertepatan dengan Hari Jadi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ke-62.

Tjahjo menyatakan bahwa peluncuran ini sebagai momentum percepatan transformasi ASN di seluruh Indonesia. 

"Perubahan yang akan diluncurkan pada Hari Jadi Kementerian PANRB ke-62 nanti bukan saja untuk internal Kementerian PANRB, melainkan juga terdapat perubahan besar dan mendasar untuk seluruh aparatur sipil negara di Indonesia," kata Tjahjo dalam keterangan pers, Senin (26/7).

Tjahjo mengatakan peluncuran core values ini merupakan suatu terobosan yang akan menyeragamkan nilai dasar seluruh ASN. Meski menjadi fondasi, core values tetap berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara.

"Core values ASN ini akan menjadi fondasi bagi seluruh ASN untuk mengabdikan diri bagi negara dan masyarakat," ujar Tjahjo.

Pada tanggal yang sama, Kementerian PANRB akan melakukan pergantian logo menjadi lebih sederhana dan kasual. Terobosan lain Kementerian PANRB yakni chatbot atau bot obrolan. Chatbot pada layanan pesan instan untuk memudahkan informasi bagi masyarakat. Ke depan, layanan ini akan dikembangkan agar masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan beragam informasi seputar Kementerian PANRB.

"Penentuan Hari Jadi Kementerian PANRB ditetapkan melalui Keputusan Menteri PANRB No. 988/2021. Penetapan ini merujuk pada penggalian sejarah, yakni tanggal 27 Juli 1959 merupakan lahirnya BAPEKAN atau Badan Pengawas Kegiatan Aparatur Negara sebagai cikal bakal Kementerian PANRB," ucap Tjahjo. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA