Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

5 Makanan Ini Picu Rambut Beruban Sebelum Waktunya

Senin 26 Jul 2021 22:48 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Ada makanan tertentu yang menyebabkan uban sebelum waktunya jika dikonsumsi berlebih.

Ada makanan tertentu yang menyebabkan uban sebelum waktunya jika dikonsumsi berlebih.

Foto: Piqsels
Ada makanan tertentu yang menyebabkan uban sebelum waktunya jika dikonsumsi berlebih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampilan dengan rambut beruban dapat membuat seseorang kurang percaya diri. Sebagian orang mempercayai uban akan hadir seiring bertambahnya usia. Sebagiannya lagi menyadari bahwa uban dapat terbentuk sebagai akibat dari genetika atau stres.

Akan tetapi, sebenarnya ada makanan tertentu yang dapat menyebabkan uban sebelum waktunya jika dikonsumsi berlebihan dalam waktu yang salah. Berikut daftar makanan tersebut, dilansir laman The Ladders, Senin (26/7).

1. Jeruk
Jeruk umumnya bagus untuk tubuh, karena kaya akan vitamin C, memiliki kandungan air yang tinggi, dan mengandung gula yang sehat. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, salah satu bahan khusus dalam jeruk diketahui dapat menghambat asupan mineral tertentu yang mampu mencegah rambut beruban.

Para peneliti telah menemukan bahwa bahan dalam jeruk yang disebut asam askorbat, diketahui menghalangi penyerapan tembaga. Kadar tembaga yang rendah kemudian, membuat rambut beruban. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu berhenti makan jeruk. Hanya, cukup seimbangkan dengan makanan lain yang memiliki kadar tembaga yang cukup, termasuk makanan seperti minyak ikan atau daging merah.

2. Telur
Menurut Science Direct, telur mentah dapat menjadi penyebab utama kekurangan biotin, karena mencegah sistem pencernaan seseorang menyerap biotin. Ilmu pengetahuan masih belum mengetahui apakah ada kadar avidin yang cukup tinggi dalam telur yang dimasak untuk mengganggu penyerapan biotin. Tapi sementara itu, hindari dulu adonan kue mentah atau gin  fizzes, karena bisa membuat rambut beruban.

3. Alkohol
Jamak diketahui bahwa alkohol dapat memengaruhi penyerapan nutrisi. Secara khusus, alkohol dapat mengganggu penyerapan vitamin B yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut yang baik, yaitu B-12. Sebuah studi tahun 2004 dari Penn State menunjukkan bahwa minum sesedikit satu ons alkohol per hari selama dua bulan dapat secara drastis menurunkan kadar B-12.

Kekurangan B-12 adalah salah satu penyebab utama uban prematur. Jika dikonsumsi dalam bentuk tambahan, rambut mungkin berhenti berubah warna, dan bahkan kembali ke warna semula. Cara terbaik adalah mencoba dan mengambil B-12 yang hilang secara alami, melalui multivitamin, produk susu, atau sereal yang diperkaya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA