Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tren Kasus Covid Jakarta Menurun, Anies: Jangan Cepat Puas

Senin 26 Jul 2021 20:00 WIB

Rep: Flori Sidebang / Red: Bayu Hermawan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Gubernur DKI Jakarta minta masyarakat tetap hati-hati meski ada penurunan tren Covid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengatakan kasus Covid-19 di ibu kota mulai mengalami penurunan. Meski menurun, Anies menilai, jumlah kasus aktif tersebut masih sangat tinggi bila dibandingkan dengan puncak gelombang pertama virus corona di Jakarta pada Februari 2021 lalu. 

"Apakah ini artinya pandemi Covid di Jakarta sudah benar-benar aman? Sama sekali belum. Kita harus hati-hati memaknainya (penurunan situasi pandemi). Kasus aktif 64 ribu itu masih dua kali lebih tinggi daripada puncak gelombang pertama lalu," katanya dalam video yang diunggah di akun YouTube Pemprov DKI Jakarta, Senin (26/7).

Baca Juga

Anies menjelaskan, jumlah kasus aktif saat ini menunjukan bahwa masih ada sebanyak 64 ribu orang yang terdeteksi terpapar virus corona dan belum dinyatakan sembuh. Oleh karena itu, ia mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak langsung merasa puas dengan situasi penurunan kasus yang ada. 

"Ketika kita sekarang mengatakan bahwa kondisinya menurun dibanding bulan lalu, jangan kemudian cepat-cepat puas karena status hari ini itu masih dua kali di gelombang pertama dulu," jelasnya. 

Selain itu, tren penurunan juga terjadi pada tingkat positivity rate. Anies menuturkan, kini, positivity rate di Jakarta turun menjadi 25 persen setelah sempat berada pada angka 45 persen. 

Meski demikian, ia kembali menyampaikan, walaupun positivity rate telah menurun, tetapi angka tersebut masih sangat jauh dari rekomendasi ideal yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO), yakni dibawah 5 persen. 

"Jadi kalau mau disebut aman itu bila positivity rate-nya dibawah 5 persen. Tren penurunan itu nyata terlihat, tapi situasi ini masih jauh dari ideal," ucapnya.

Oleh karena itu, Anies berharap agar kondisi perbaikan ini dapat terus dilanjutkan dengan baik. Ia pun mengajak masyarakat untuk optimis menanggulangi pandemi Covid-19 ini dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. 

"Saya mengajak kepada seluruh warga Jakarta jangan pesimis, nyatanya kita bisa bersama-sama menurunkan tingkat kegawatan situasi. Yuk, kita teruskan momentum perbaikan ini," ucap Anies. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA