Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Tjahjo: Presiden Siapkan Perubahan Besar untuk Seluruh ASN

Selasa 27 Jul 2021 01:03 WIB

Rep: Amri Amrullah / Red: Agus Yulianto

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Peluncuran ini sebagai momentum percepatan transformasi ASN di seluruh Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perubahan besar untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dilakukan dalam waktu dekat. Hal ini disampaikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, menyebut rencana Presiden Joko Widodo terkait perubahan besar untuk seluruh ASN tersebut.

Tjahjo mengatakan, pada Selasa (27/7), Presiden Joko Widodo akan meluncurkan core values dan employer branding aparatur sipil negara (ASN). Peluncuran ini juga bertepatan dengan Hari Jadi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ke-62.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyatakan, bahwa peluncuran ini sebagai momentum percepatan transformasi ASN di seluruh Indonesia. “Perubahan yang akan diluncurkan pada Hari Jadi Kementerian PANRB ke-62 nanti bukan saja untuk internal Kementerian PANRB, melainkan juga terdapat perubahan besar dan mendasar untuk seluruh aparatur sipil negara di Indonesia,” ujar Menteri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (26/7).

Peluncuran core values dan employer branding oleh Presiden Joko Widodo akan dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden RI, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Pimpinan Lembaga, Sekjen/Sestama/Sekretaris Kementerian dan Lembaga, Gubernur, Bupati, Wali Kota, Sekda Provinsi/Kabupaten/Kota, serta seluruh ASN di Indonesia.

Peluncuran core values ini merupakan suatu terobosan yang akan menyeragamkan nilai dasar seluruh ASN. Meski menjadi fondasi, core values tetap berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara. “Core values ASN ini akan menjadi fondasi bagi seluruh ASN untuk mengabdikan diri bagi negara dan masyarakat,” imbuhnya.

Selain membawa perubahan bagi seluruh ASN, 27 Juli 2021 ini juga menjadi perubahan internal bagi Kementerian PANRB. Perubahan internal Kementerian PANRB diwujudkan dengan pergantian logo menjadi lebih sederhana dan kasual, tapi tetap menunjukkan jati dirinya sebagai bagian dari pemerintahan Indonesia.

Terobosan baru yang merupakan kreasi dari para milenials Kementerian PANRB juga akan diluncurkan yakni chatbot atau bot obrolan. Chatbot pada layanan pesan instan itu untuk memudahkan informasi bagi masyarakat. Kedepan, layanan ini akan dikembangkan agar masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan beragam informasi seputar Kementerian PANRB.

Penentuan Hari Jadi Kementerian PANRB ditetapkan melalui Keputusan Menteri PANRB No. 988/2021. Penetapan ini merujuk pada penggalian sejarah, yakni tanggal 27 Juli 1959 merupakan lahirnya BAPEKAN atau Badan Pengawas Kegiatan Aparatur Negara sebagai cikal bakal Kementerian PANRB. “Nantikan perubahan besar Kementerian PANRB pada 27 Juli 2021,” terang Tjahjo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA