Senin 26 Jul 2021 16:59 WIB

Atlet Termuda Peraih Emas Ingin Skateboard Terus Kompetitif

Nishiya berambisi untuk mempertahankan performanya di Olimpiade 2024 Paris.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Atlet Jepang Momiji Nishiya raih emas untuk skateboarding putri.
Foto: EPA-EFE/JIJI PRESS
Atlet Jepang Momiji Nishiya raih emas untuk skateboarding putri.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Momiji Nishiya sukses membuat para juri terkejut setelah melihat aksinya di atas papan seluncur cabor skateboard street putri Olimpiade Tokyo 2020. Nishiya pun menyabet medali emas usai unggul dari rivalnya, Rayssa Leal.

"Saya sangat senang memenangkan Olimpiade, membuat sejarah pada usia 13 tahun. Saya berharap bisa berada di banyak kejuaraan Olimpiade lainnya," kata Nashiya purnalomba dilansir laman resmi Olimpiade, Senin (26/7).

Baca Juga

Ini jadi capaian individu terbaik bagi skateboard putri yang baru berusia 13 tahun dan 330 hari. Atlet tuan rumah sukses berada di depan pesaingnya Rayssa Leal asal Brasil, pun Funa Nakayama yang berusia 16 tahun dari Jepang.

Nishiya yang berdarah asli Osaka, Jepang, mencatatkan skor 15,26 poin untuk mengeklaim medali emas. Sedangkan, Leal mengikuti dengan skor 14,64, dan Nakayama menyusul setelah mengoleksi nilai 14,49.

Sang atlet mengaku apabila ia berhasil meredam ketakutan untuk tampil di atas papan seluncur. Sebelumnya, Nishiya mengaku sangat cemas ketika menjalani sesi pertama.

"Semua upaya yang dilakukan ibu dan ayah saya untuk membawa saya ke sini, dan sekarang saya di sini dan saya dapat memberi tahu mereka bahwa semuanya berjalan baik dan saya sangat bahagia," sambung Nishiya.

Dirinya juga berbicara tentang harapannya untuk masa depan skateboard, dengan terus tumbuh sebagai olahraga kompetitif. Nishiya pun mengajak seluruh masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam ajang olah raga asal California, Amerika Serikat (AS). "Skateboard itu menyenangkan dan menarik untuk dilakukan, jadi saya ingin dan berharap semua orang mencoba olahraga skateboard," kata dia.

Lebih lanjut, Nishiya berambisi untuk mempertahankan performanya demi meraih kesuksesan yang sama saat berlaga di ajang Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Skateboard merupakan olahraga baru yang disematkan dalam ajang multievent Olimpiade tahun ini. Tuan rumah Jepang dinilai jadi kandidat penyapu bersih medali emas pada cabor ini.

Pasalnya, skateboard street putra Funa Nakayama juga sukses meraih hasil memuaskan dengan mengalungkan medali emas mengasapi dua skater asal Brasil Kelvin Hoefler, Jagger Eaton, pun skater unggulan Negeri Paman Sam, Nyjah Huston.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement