Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Liverpool Terancam tak Bisa Boyong Pemain Baru

Senin 26 Jul 2021 16:51 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Logo Liverpool di tribun utama di Stadion Liverpool FC, di Anfield, Inggris.

Logo Liverpool di tribun utama di Stadion Liverpool FC, di Anfield, Inggris.

Foto: EPA-EFE/Peter Powel
Liverpool sudah memiliki 17 pemain non-homegrown.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool terancam tidak bisa mendatangkan penggawa anyar di bursa transfer musim panas kali ini, terutama yang berasal dari luar Inggris. Pasalnya, skuad the Reds saat ini sudah memenuhi jumlah maksimal pemain non-homegrown yang diperbolehkan oleh otoritas penyelenggara Liga Primer Inggris dan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

Hingga saat ini, Liverpool diketahui baru mendatangkan Ibrahim Konate dari RB Leipzig dengan nilai transfer mencapai 40 juta euro. Namun, dengan kehadiran Konate, ditambah kembalinya Takumi Minamino usai melakoni masa peminjaman di Southampton, maka Liverpool sudah memiliki 17 pemain non-homegrown, atau yang berasal bukan dari akademi maupun tim junior klub asal Inggris.

''Dengan begitu, Liverpool telah mencapai batas jumlah maksimal pemain non-homegrown, yang diperbolehkan oleh Liga Primer Inggris dan UEFA. Alhasil, Liverpool tidak bisa lagi mendaftarkan pemain non-homegrown sebelum melepas pemain terlebih dahulu,'' tulis laporan Liverpool Echo, Senin (26/7).

Atas kondisi ini, perekrutan pemain anyar ataupun pemain asing tidak lagi menjadi opsi yang bisa diambil Liverpool pada saat ini. Kendati begitu, the Reds bisa melepas pemain agar bisa memberikan ruang kepada kehadiran pemain anyar pada jendela transfer musim panas kali ini.

Divock Origi dan Xherdan Shaqiri menjadi dua nama pemain yang begitu santer siap dilepas the Reds pada jendela transfer musim panas kali ini. Namun, hingga kini, dua pemain tersebut masih sepi peminat.

Performa kurang menyakinkan, ditambah rentan mengalami cedera, membuat klub-klub lain berpikir dua kali sebelum melayangkan tawaran untuk merekrut Origi dan Shaqiri. Liverpool pun diharapkan sudah bisa melepas dua pemain itu sebelum jendela transfer musim panas kali ini resmi ditutup pada pertengahan bulan depan.

Kendati begitu, Liverpool ternyata juga memiliki opsi lain. Alih-alih melepas salah satu pemain non-homegrown, Liverpool juga bisa melepas salah satu pemain homegrown.

Nama jebolan akademi sepak bola Liverpool, Nathaniel Phillips, disebut-sebut siap dilepas Liverpool. Sebagai gantinya, Liverpool akan berupaya mendatangkan gelandang West Ham United, Jarrod Bowen, yang merupakan jebolan akademi sepak bola Hereford United.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA