Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Allianz Syariah Lanjutkan Tren Pertumbuhan Positif pada 2021

Senin 26 Jul 2021 13:15 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya

Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia, Yoga Prasetyo.

Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia, Yoga Prasetyo.

Foto: Dok Allianz Life Syariah
Allianz Life Syariah telah mendistribusikan total manfaat asuransi Rp 172,3 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asuransi Allianz Life Syariah membukukan kinerja positif dengan pertumbuhan GWP Allianz Life Syariah secara tahunan bertumbuh sebesar 17,5 persen di kuartal I tahun 2021. Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia, Yoga Prasetyo mengatakan kinerja positif tersebut melanjutkan tren di tahun 2020.

"Selain kualitas produk syariah yang unggul, kinerja Allianz Life Syariah juga didukung oleh kerja keras para tenaga pemasar syariah yang tercatat ada lebih dari 15.300 agen berlisensi syariah dari Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI)," katanya dalam keterangan pers, Senin (26/7).

Allianz Life Syariah juga telah mendistribusikan total manfaat asuransi sebesar Rp 172,3 miliar dan 60,8 persen dari jumlah tersebut merupakan santunan atau klaim. Ini mewujudkan prinsip tolong-menolong antar sesama peserta asuransi syariah.

Kinerja kuartal I melanjutkan tren positif pada 2020 dengan Gross Written Premium (GWP) naik sebesar 22 persen dengan nilai Rp 1,5 triliun di tahun 2020. Total aset Allianz Life Syariah 2020 mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 19,4 persen, dari Rp 3,4 triliun pada 2020 menjadi Rp 4,06 triliun.

Yoga mengatakan Allianz Life Syariah membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan dengan mendistribusikan total manfaat asuransi sebesar Rp 519,4 miliar. Sebanyak 50 persen lebih dari jumlah tersebut merupakan santunan atau klaim sebagai wujud dari prinsip tolong-menolong dalam asuransi syariah.

"Santunan tersebut disalurkan kepada lebih dari 33 ribu penerima, yaitu para peserta asuransi syariah yang mengalami risiko," katanya.

Sebagaimana diketahui dalam asuransi syariah, nasabah pada prinsipnya adalah para peserta yang berbagi kebaikan dengan peserta lainnya. Sebagian dari kontribusi yang disetorkan oleh peserta akan dikelola dalam kumpulan dana tabarru dan akan digunakan ketika ada salah satu peserta yang mengalami risiko.

Di tahun 2020, Allianz Life Syariah mengelola Rp 405 miliar dana tabarru yang menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap Allianz Life Syariah, dalam mengelola perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan syariah dengan amanah. Yoga mengatakan kinerja dan pertumbuhan yang baik ini tidak lepas dari kepercayaan para peserta.

"Allianz berkomitmen terus fokus pada komitmen memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat dan melalui Allianz Life Syariah juga terus menyediakan produk dan layanan yang sesuai kebutuhan masing-masing peserta," katanya.

Allianz Syariah juga terus berupaya mendukung berkembangnya industri keuangan syariah, khususnya asuransi syariah di tanah air. Untuk kinerjanya yang baik di tahun 2020, Allianz Life Syariah memperoleh penghargaan Warta Ekonomi Top 3 Financial Performance of Indonesia Best Insurance Award 2020 with Assets 1T – 5T, Sharia Life Insurance Category dan Infobrand Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 yang mengukur keberhasilan popularitas sebuah brand di era digital melalui search engine based, social media based dan website based.

Allianz Life Syariah juga melakukan berbagai kegiatan sosialisasi Allianz Syariah melalui media sosial, untuk meningkatkan kesadaran mengenai asuransi syariah kepada masyarakat. Baik melalui Instagram, dalam bentuk Instagram Live dan webinar yang menyampaikan informasi menarik dan relevan seputar syariah yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA