Senin 26 Jul 2021 12:35 WIB

Masjid Badshahi Warisan Kemegahan Dinasti Mughal

Masjid Badshahi adalah peninggalan Kerajaan Mughal yang pernah menguasai India.

Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan.
Foto: dailytimes.com
Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan.

IHRAM.CO.ID, Masjid Badshahi adalah peninggalan Kerajaan Mughal yang pernah menguasai kawasan Asia Selatan meliputi Pakistan dan India. Bangunan masjid dibangun pada 1673 Masehi oleh raja Mughal keenam bernama Raja Aurangzeb Alamgir. Dia putra Raja Shah Jahan, sang pembangun Taj Mahal.

Masjid yang terletak di Lahore, Pakistan, tersebut telah diakui pula sebagai warisan dunia oleh Unesco. Tidak hanya menjadi masjid terbesar kedua di negara itu, Masjid Badshahi juga termasuk yang terbesar di dunia. Pasalnya, masjid ini mampu menampung 10 ribu jamaah di ruang shalat utama serta 100 ribu jamaah di halaman dan serambinya.

Baca Juga

photo
Masjid Badshahi, Lahore Pakistan. - (Muhammad SUbarkah)

Aurangzeb merupakan raja Mughal paling terkenal. Dia berhasil membawa kerajaan mencapai puncak kejayaannya. Ia memerintah pada periode 1658 sampai 1707 Masehi.

Arsitektur Masjid Badshahi berkarak terkuat, menantang, sekaligus megah. Hal itu disesuaikan dengan gelar Alamgir untuk Raja Aurangzeb yang berarti 'Penakluk Dunia'.

 

Sementara itu, desain Masjid Badshahi terinspirasi dari bangunan Persia, Asia Tengah, juga India. Maka, tak heran bila visual luar masjid ini dominan warna merah bata.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement