Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Sebanyak 6.016 Mahasiswa Ikut Pelatihan Menulis Esai

Senin 26 Jul 2021 06:24 WIB

Red: Irwan Kelana

Pondok Inspirasi menggelar pelatihan esai nasional yang diikuti  6.016 mahasiswa dari 346 kampus, Sabtu (24/7).

Pondok Inspirasi menggelar pelatihan esai nasional yang diikuti 6.016 mahasiswa dari 346 kampus, Sabtu (24/7).

Foto: Dok Pondok Inspirasi
Peserta yang terseleksi akan mendapatkan lanjutan program mentoring menulis esai.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Pondok Inspirasi rutin menggelar pelatihan esai nasional bagi mahasiswa di seluruh Indonesia sebagai salah satu cara agar tetap produktif selama di rumah. Yang terbaru, kegiatan tersebut diadakan secara online, Sabtu (24/7).

Pada pelatihan esai nasional kali ini Pondok Inspirasi menghadirkan dua narasumber dengan delapan mentor yang memiliki berbagai prestasi terkait bidang kepenulisan. Acara ini dihadiri oleh 1.000 peserta melalui Zoom meeting conference, dan 5.016 peserta yang mengikuti secara siaran lansung dan tidak langsung melalui youtube. Mereka berasal dari 346 kampus.

Program pelatihan kepenulisan ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai penulisan esai, cara membuat esai yang baik dan benar, serta memberikan tips dan trik dalam mengikuti suatu kompetisi esai nasional.

Selain mendapatkan pelatihan, peserta yang terseleksi akan mendapatkan lanjutan program mentoring menulis esai hingga menjadi karya yang siap kirim lomba. Mereka  didampingi mentor selama satu bulan. Sebanyak delapan mentor berpengalaman akan siap untuk mendampingi peserta terpilih.

“Awalnya saya juga masih belum  terampil dalam menulis esai, namun setelah mendapatkan pendampingan dari Kak Rico di Pondok Inspirasi alhamdulillah setahun lebih ini sudah menjuarai berbagai juara menulis esai baik nasional maupun internasional,”  ungkap Thabed Tholib Baladraf,  salah satu mentor sekaligus Mahasiswa Berprestasi 1 Universitas Jember yang menorehkan sebanyak 97 juara lomba menulis ilmiah nasional dan internasional, dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Sementara itu Umar Kusumahadi General Manager pemimpin.id memapatkan tentang selfleadership yang dibutuhkan menjadi penulis.  “Self leadership itu bagaimana kita mencoba untuk winning the inner game, bagaimana cara kita mampu mengatasi kelemahan kita dengan kelebihan yang kita miliki,” tuturnya.

Pelatihan menulis esai yang dikombinasikan dengan menumbuhkan kemampuan self leadership peserta telah Pondok Inspirasi lakukan sejak 2020 bersama pemimpin.id. “Menulis itu seni. Apalagi menulis ilmiah, ditambah untuk keperluan mengikuti perlombaan. Pasti banyak yang senang jika menjadi juara atau sedih saat belum beruntung. Semua itu perlu kekuatan diri untuk berproses. Sabar berproses dengan cara terbaik (tidak plagiat, tim kompak, tidak terlalu bangga dengan kemenangan dan tidak terlalu sedih dengan kekalahan) untuk menghasilkan karya,” ungkap Agus Harianto, ketua Pondok Inspirasi

Hadir pula dalam kesempatan webinar,  Pembina Pondok Inspirasi sekaligus CEO PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat. Salman memberikan motivasi singkat kepada ribuan peserta untuk semangat menulis. “Karya itu bukan cuma yang dilombakan atau diikutkan dalam kompetisi.  Yang penting kita mulai menulis. Karena menulis sesungguhnya bukan hanya untuk diikutkan suatu hal tetapi bisa juga untuk menemukan bagaimana jati diri kita sesunggunya,” ucapnya.

Di  akhir sesi, materi menulis esai disampaikan oleh Rico Juni Artanto, founder Pondok Inspirasi. Dalam pemaparannya Rico menjelaskan secara rinci mulai dari strategi mengikuti lomba, membentuk tim, menemukan dan mengembangkan ide, struktur dan kerangka menulis esai, hingga trik menulis esai beasiswa. “Ya kan Agung, Thabed, Cut Mirna, Fakhoor, Taufik dan banyak mereka yang tergabung di Pondok Inspirasi untuk belajar bersama menulis karya ilmiah dengan modal dengkul (sama sekali tidak tahu menulis ilmiah esai) namun kini melejit mendapatkan berbagai penghargaan bahkan telah membantu mahasiswa lain berproses. Yang penting kalau sudah niat ya intinya mau aja dulu. Mau jadi mampu,” tutup Rico. 

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Banyak peserta yang bertanya dalam setiap sesinya. Ada kepuasan tersendiri dari peserta. “Baru pertama ikut pelatihan menulis esai yang super lengkap dan jelas. Pokoknya memang Pondok Inspirasi juaranya buat tempat belajar mahasiswa untuk menulis ilmiah,”  ungkap Andhika Januardyh, mahasiswa Akutansi Universitas Borneo Tarakan. 

Sama halnya yang dirasakan oleh peserta mahasiswa dari Universitas Palangka Raya,  Kalimantan Tengah juga menyampaikan kepuasan mengikuti pelatihan menulis esai. “Wah terima kasih banyak Kak Rico untuk pelatihan esai hari ini. Keren banget pokoknya, benar-benar mendapatkan ilmu,”  ucap Elynius Gowasa,  ketua umum Pusat Riset dan Inovasi Mahasiswa Universitas Palangka Raya.

Pondok Inspirasi menjadi wadah belajar keterampilan menulis ilmiah dan kepemimpinan untuk pemuda. Berdiri sejak 2013 hingga kini, penerima manfaat Pondok Inspirasi telah membuahkan hasil sebanyak lebih dari 300 prestasi nasional dan  internasional.

Prestasi tersebut diantaranya medali emas, perak, perunggu di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional; dan  tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021. Pondok Inspirasi juga berhasil menjadi Komunitas Terpilih Community Challenge Kahf, terpilih mengikuti Girl Leadership Program Bersama Menteri Keuangan RI, Young Business Hub di Turki dan terpilih untuk mengikuti YSEALI YOUnified 2020. Pondok Inspirasi mengemban nilai-nilai ketangguhan, kreativitas, pemelajar dan menginspirasi. Pondok Inspirasi mendapatkan coaching khusus inovasi dari PT Paragon Technology and Innovation. Bersama pemimpin.id, Pondok Inspirasi berkolaborasi mengadakan Lead The Fest.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA