Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

AS Pertimbangkan Penggunaan Masker Bagi yang Telah Divaksin

Senin 26 Jul 2021 03:01 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Andi Nur Aminah

Pengunjung di Disneyland California, Amerika, tampak mengenakan masker.

Pengunjung di Disneyland California, Amerika, tampak mengenakan masker.

Foto: EPA
Beberapa kota telah mencabut persyaratan penggunaan masker dalam ruangan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kepala penasihat medis Gedung Putih, Anthony Fauci, mengatakan pejabat tinggi kesehatan AS sedang mendiskusikan apakah akan merevisi panduan masker untuk orang Amerika yang telah divaksinasi Covid-19, Ahad (25/7). Menurutnya, hal itu sedang menjadi pertimbangan para ahli. “Ini sedang dalam pertimbangan aktif,” kata Fauci kepada State of the Union CNN, dilansir laman The Guardian, Kamis (25/7). 

Meskipun demikian, ia juga menekankan, pemerintah dapat mengeluarkan aturan mereka sendiri di bawah panduan saat ini dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Beberapa kota seperti Los Angeles dan St Louis, Missouri, telah mencabut persyaratan masker dalam ruangan. Kota-kota lain sedang mempertimbangkan apakah akan melakukan hal yang sama.

Baca Juga

Setelah penurunan yang signifikan dalam kasus Covid-19 karena kampanye vaksin nasional, infeksi meningkat di seluruh 50 negara bagian dan Washington DC. Peningkatan tertinggi terjadi di negara bagian dengan kelompok besar orang yang tidak divaksinasi. Lebih dari 610 ribu warga telah meninggal karena Covid-19 di AS.

Ahli bedah umum, Vivek Murthy, mengatakan 97 persen dari penerimaan rumah sakit dan 99,5 persen kematian akibat Covid terjadi di antara orang yang tidak divaksinasi. Sementara menurut CDC, lebih dari 162,7 juta orang Amerika atau 49 persen dari populasi telah divaksinasi. 

Fauci mengatakan para pemimpin lokal, terutama di daerah dengan tingkat vaksinasi yang rendah, perlu memimpin upaya agar warganya mau divaksinasi. Dia menyoroti pekerjaan baru-baru ini oleh dua Republikan terkemuka yang telah berulang kali mengkritiknya: perwakilan Louisiana, Steve Scalise, dan Gubernur Florida, Ron DeSantis.

"Saya sangat senang mendengar orang-orang seperti Steve Scalise keluar dan berkata, 'Hei, kita harus divaksinasi.’ Bahkan Gubernur DeSantis sekarang di Florida mengatakan hal yang sama. Kita harus mendapatkan lebih banyak orang yang berhubungan baik dengan individu yang tidak divaksinasi untuk memotivasi dan mendorong mereka untuk divaksinasi,” kata Fauci. 

DeSantis menjual barang dagangan yang mengolok-olok masker dan Fauci. Kasus di Florida pun adalah yang tertinggi sejak Januari. “Vaksin ini menyelamatkan nyawa,” kata DeSantis pekan lalu.

Scalise, punggawa Partai Republik, divaksinasi pada pekan lalu. Dia mengatakan kepada New Orleans Times-Picayune, dia telah menunggu dan berpikir telah memiliki kekebalan dari infeksi Covid-19 sebelumnya. Tapi munculnya varian Delta memengaruhinya.

“Ketika Anda berbicara pada orang yang berada di rumah sakit, di New Orleans atau negara bagian lain, 90 persen orang di rumah sakit dengan varian Delta belum divaksinasi. Itu sinyal lain bahwa vaksin itu bekerja,” kata Scalise. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA