Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Target Vaksin 1.000 Orang per Kelurahan per Hari di Jaksel

Senin 26 Jul 2021 00:40 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji

Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji

Foto: Republika/Febryan A
Fokus kejar target vaksinasi menuju Jakarta mencapai herd immunity pada 17 Agustus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan terus berupaya untuk mengejar target pemerintah pusat dalam rangka menggencarkan program vaksinasi Covid-19 di Jakarta Selatan. Menurut Plt Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji, pihaknya melakukan beberapa upaya untuk mencapai keberhasilan program tersebut. “Fokus kejar target vaksinasi menuju Jakarta mencapai herd immunity pada 17 Agustus,” ungkap Isnawa kepada Republika.co.id, Ahad (25/7). 

Dia menyebut ada sejumlah upaya yang telah dilakukan oleh Pemkot Jakarta Selatan. Pertama, Pemkot akan tetap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengadakan sentra-sentra vaksinasi. Lalu, pemkot juga akan terus mempertahankan sebanyak 208 titik giat vaksinasi di Jakarta Selatan. Titik-titik itu misalnya seperti puskesmas, sekolah, masjid, gereja, kampus-kampus, pusat perbelanjaan atau mall, termasuk layanan mobile vaksin. 

Baca Juga

“Ketiga, mengoptimalkan layanan vaksinasi dinamis. Seperti mendekatkan akses vaksinasi ke RW-RW yang vaksinasinya belum optimal,” kata Isnawa. 

Selanjutnya, Pemkot Jakarta Selatan juga mengajak semua RS swasta dan klinik swasta untuk  membantu tenaga kesehatan dan dokternya dalam capaian vaksin. Lalu, pihaknya juga akan menyisir apartemen, residence, townhouse dan lain-lain untuk melaksanakan vaksinasi kerjasama dengan lurah dan puskesmas. 

“Keenam, kami juga bekerjasama dengan TNI Polri untuk mencapai target vaksinasi dengan program-program seperti kampung tangguh jaya, Gerakan Jakarta Bermasker, dan lain-lain,” jelas dia. 

Sementara, menurut data cakupan vaksinasi Jakarta Selatan pada Jumat (23/7), setidaknya baru ada 47 persen warga DKI Jakarta yang mendapatkan satu kali dosis vaksinasi. Menurut Isnawa, hal itu dikarenakan adanya penambahan usia baru yang bisa divaksin, yaitu anak yang berusia 12 tahun hingga 17 tahun. Menurutnya, sebelum masuk batasan usia tersebut, Jakarta Selatan telah mencapai angka 60 persen warga yang divaksinasi. 

Isnawa juga mengatakan, Pemkot Jakarta Selatan sendiri memiliki terget vaksinasi per hari. Targetnya yaitu, setidaknya mendekati 1.000 orang per kelurahan per hari bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. 

Penggencaran vaksinasi Covid-19, kata dia, sebagai upaya pemerintah pusat yang menargetkan Jakarta bisa mencapai herd immunity pada Agustus nanti. “Dengan demikian, Jakarta Selatan yang juga bagian dari DKI jakarta harus kejar target,” jelas Isnawa.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA