Pelindo III Siapkan Antigen Gratis untuk Sopir Logistik

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ratna Puspita

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyiapkan layanan pemeriksaan antigen gratis bagi sopir angkutan logistik antar pulau yang hendak menyebrang melalui Banyuwangi. (Foto ilustrasi: Kendaraan angkutan logistik masuk ke Pelabuhan ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur)
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyiapkan layanan pemeriksaan antigen gratis bagi sopir angkutan logistik antar pulau yang hendak menyebrang melalui Banyuwangi. (Foto ilustrasi: Kendaraan angkutan logistik masuk ke Pelabuhan ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur) | Foto: Antara/Budi Candra Setya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyiapkan layanan pemeriksaan antigen gratis bagi sopir angkutan logistik antar pulau yang hendak menyebrang melalui Banyuwangi. Layanan pemeriksaan tersebut akan diberikan kepada pengemudi angkutan logistik yang menuju Pulau Lombok dan Pulau Bali.

“Layanan ini dapat diakses oleh para pengemudi angkutan yang membawa barang kebutuhan pokok masyarakat dari Pelabuhan Tanjung Wangi menuju Terminal Gili Mas Pelabuhan Lembar, maupun Pelabuhan Ferry Ketapang ke Pelabuhan Ferry Gilimanuk dan Pelabuhan Ferry Ketapang menuju Pelabuhan Ferry Lembar,” kata VP Corporate Communication Pelindo III Suryo Khasabu, Ahad (25/7).

Suryo mengatakan, layanan yang disediakan sekaligus sebagai bentuk empati terhadap para pengemudi angkutan logistik yang berperan dalam distribusi barang bagi masyarakat. Terlebih saat ini, surat keterangan hasil pemeriksaan Covid-19 yang menunjukkan hasil negatif menjadi salah satu syarat dalam melakukan perjalanan.

“Pos layanan pemeriksaan antigen gratis ini ada di Terminal Sritanjung, Banyuwangi. Letaknya cukup strategis dan mudah diakses oleh para pengemudi angkutan logistik. Para pengemudi cukup menunjukkan tiket angkutan kapal beserta kartu identitas untuk memperoleh layanan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga

General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Wangi Pitria Kartikasari mengatakan, dalam sehari pihaknya mampu melayani pemeriksaan hingga 400 orang. Hitungan tersebut diperoleh dari jumlah angkutan logistik yang melalui Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Ketapang. Di Pelabuhan Tanjung Wangi misalnya, dalam satu hari rata-rata terdapat 90 angkutan barang yang menuju Pelabuhan Lembar.

“Satu angkutan biasanya ada satu orang pengemudi utama dan satu orang pendamping atau pengemudi cadangan. Jadi di Pelabuhan Tanjung Wangi sendiri dalam sehari kurang lebih 200 orang, di Pelabuhan Ketapang juga kurang lebih sama. Total sehari untuk 2 tempat kurang lebih 400 orang,” ujarnya.

Untuk kelancaran pelaksanan kegiatan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak khususnya Satuan Tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi. Layanan pemeriksaan antigen gratis akan dilakukan setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 24:00 WIB.

"Hasil pemeriksaan antigen akan diverifikasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan. Jika ada yang kedapatan positif maka akan dilakukan penanganan lebih lanjut," kata Pitria. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ribuan Pekerja Hotel dan Restoran di Kota Malang Dirumahkan

48.695 Keluarga di Banyuwangi Terima BST Rp 600 Ribu

Khofifah: Cakupan Vaksin di Jatim Tertinggi

Khofifah Minta Maaf Soal Penanganan Covid-19

Satgas: 33 Kabupaten/Kota di Jatim Zona Merah Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark