Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Menjaga Salmon Liar Atlantik tak Punah dari Sungai di AS

Senin 26 Jul 2021 04:41 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

Ikan salmon (ilustrasi).

Ikan salmon (ilustrasi).

Foto: blogspot.com
Salmon Atlantik telah menghilang dari sungai-sungai AS karena pembendungan.

REPUBLIKA.CO.ID, PORTLAND -- Maine adalah rumah bagi populasi salmon Atlantik liar terakhir di Amerika Serikat (AS). Salmon Atlantik pernah berkerumun di sungai-sungai AS.

Namun, sekarang salmon itu hanya ada di segelintir sungai di timur dan tengah Maine. Ikan tersebut dilindungi di tingkat federal di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah AS. Namun, koalisi kelompok lingkungan dan ilmuwan mengatakan ikan itu dapat diberikan lebih banyak perlindungan jika ditambahkan ke daftar spesies yang terancam punah dan terancam milik Maine sendiri.

Baca Juga

Undang-undang negara bagian mengizinkan Komisaris Departemen Sumber Daya Kelautan Maine, Patrick Keliher, untuk membuat rekomendasi itu. Sayang, kKantornya mengatakan tidak bermaksud melakukannya. 

Departemen telah melakukan pekerjaan ekstensif untuk melestarikan dan memulihkan ikan. Menurut juru bicara departemen tersebut, Jeff Nichols,  komisaris tidak percaya daftar di tingkat negara bagian akan memberikan manfaat atau perlindungan konservasi tambahan. 

Para pemerhati lingkungan yang ingin melihat ikan di daftar negara bagian mengatakan akan terus mendorongnya dan perlindungan lainnya. Direktur eksekutif untuk operasi AS untuk Federasi Salmon Atlantik, John Burrows, mengatakan menambahkan ikan ke daftar negara yang terancam punah berarti konservasi salmon akan diperlakukan sebagai perhatian yang lebih besar dalam proses perizinan negara. 

“Negara bagian Maine dan beberapa sungai kami adalah satu-satunya tempat di negara ini yang masih memiliki salmon Atlantik liar. Itu adalah sesuatu yang seharusnya ada, dan seharusnya terjadi," kata Burrows.

Salmon Atlantik telah menghilang dari sungai-sungai AS karena pembendungan, polusi, dan tantangan lingkungan lainnya. Hewan ini juga menghadapi ancaman perubahan iklim yang menjulang. Namun, ada beberapa tanda positif di sungai Maine dalam beberapa tahun terakhir.

Lebih dari 1.400 salmon kembali ke Sungai Penobscot pada 2020. Departemen sumber daya laut Maine menemukan itu adalah jumlah tertinggi sejak 2011. 

 

 

 

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA