Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Pemkab Brebes Dapat Bantuan Tabung Oksigen dari Croplife

Sabtu 24 Jul 2021 23:27 WIB

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Bayu Hermawan

Tabung oksigen medis (ilustrasi)

Tabung oksigen medis (ilustrasi)

Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Croplife Indonesia memberikan bantuan tabung oksigen untuk Pemkab Brebes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CropLife Indonesia mendukung upaya pemerintah untuk mengatasi kebutuhan tabung oksigen bagi pasien Covid-19. CropLife grup memberikan donasi berupa 170 unit tabung yang sudah terisi oksigen dengan spesifikasi tabung oksigen medis berukuran 6m3.

Sebanyak 150 unit tabung akan diserahkan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan BNPB untuk disalurkan ke tempat-tempat yang membutuhkan. Sementara 20 unit tabung oksigen telah diserahkan ke Rumah Sakit di Brebes, Jawa Tengah, pada Sabtu (24/7).

Baca Juga

Serah terima 20 unit tabung oksigen itu dilakukan di Kantor Pemerintahan Kabupaten Brebes, dihadiri peserta acara dalam jumlah terbatas serta mengikuti protokol kesehatan Covid-19.  Penyerahan donasi dari pihak CropLife Indonesia diwakili oleh Direktur Eksekutif Agung Kurniawan, dan diterima oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti.

Bupati Brebes Idza Priyanti menyampaikan apresiasi kepada CropLife atas donasi yang diberikan karena hal tersebut menunjukkan kepedulian dan kebersamaan dalam membantu pasien Covid-19 di wilayah Brebes. Tabung oksigen tersebut untuk selanjutnya akan didistribusikan ke RS Pemerintah dan beberapa RS swasta di Brebes. 

"Saat ini kondisi pasien Covid-19 yang sedang dirawat di RS Brebes cukup tinggi, sehingga jenis bantuan berupa tabung oksigen sangatlah tepat karena dapat mendukung percepatan penyembuhan pasien," ujar Idza Priyanti, Sabtu (24/7). 

Direktur Eksekutif Agung Kurniawan mengatakan, CropLife Indonesia memang tidak bergerak di bidang Kesehatan. Namun CropLife Indonesia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pentingnya menjaga kesehatan, keamanan penggunaan dan keselamatan, hal tersebut terefleksi melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh CropLife Indonesia dan seluruh anggota perusahaannya.  

"Secara berkesinambungan CropLife selalu memberikan edukasi kepada petani, termasuk petani di Brebes, agar memakai APD (Alat Pelindung Diri) yang benar saat melakukan aplikasi produk perlindungan tanaman termasuk membangun kesadaran bagi para petani agar selalu mencuci tangan dan membersihkan diri setelah selesai melakukan aplikasi perlindungan tanaman," jelas Agung. 

Kolaborasi CropLife dengan Pemerintah Kabupaten Brebes terkait pengembangan pertanian selama ini telah terintegrasi dengan  baik.  Donasi tabung oksigen merupakan salah satu wujud kepedulian Croplife terhadap masyarakat Brebes secara lebih luas.

Donasi untuk Saudara Sebangsa ini juga terealisasi atas dukungan serta respon cepat dan tanggap dari beberapa pihak antara lain Mercy Corps dan beberapa distrubutor dalam penyediaan Tabung Oksigen yang ada (Samator, Lindee, Aneka Gas, PT. SUG, PT. SSB, PT. DAM dan ARC. Yayasan Pelayanan Masyarakat Indonesia).

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan menjabarkan di Indonesia kapasitas produksi oksigen per tahunnya mencapai 866.000 ton/tahun dengan utilisasi produksi 638.900 ribu per tahun, dengan komposisi 75 persen digunakan untuk industri dan hanya 25 persen yang dipakai medis. Sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan oksigen untuk medis dilakukanlah konversi. Melalui konversi ini, maka jumlah oksigen yang bisa didapatkan untuk memenuhi kebutuhan nasional mencapai 575.000 ton.  

Berdasarkan data Kemenkes, saat ini total kebutuhan oksigen untuk perawatan intensif dan isolasi pasien Covid-19 mencapai 1.928 ton/hari, sementara kapasitas yang tersedia ada 2.262 ton/hari.  Dengan demikian, ditargetkan untuk wilayah Jawa-Bali bisa mensuplai oksigen sebanyak 2.262 ton/hari. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA