Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Judo Persembahkan Emas Pertama untuk Tuan Rumah

Sabtu 24 Jul 2021 19:58 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pejudo jepang Naohisa Takato saat menerima mendali emas Judo 60 Kg

Pejudo jepang Naohisa Takato saat menerima mendali emas Judo 60 Kg

Foto: EPA-EFE/JEON HEON-KYUN
Judo 'kembali ke rumah' jadi slogan yang emosional bagi tuan rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Tuan rumah Jepang sukses mendapatkan medali emas pertama mereka melalui atlet Judo Naohisa Takato pada kelas 60 kilogram putra Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (24/7) malam WIB.

Judo kembali ke rumahnya slogan yang cukup emosional. Terlebih cabor ini sekaligus mempersembahkan medali bergengsi pertama untuk Negeri Matahari Terbit.

Dilansir King 5, Takato mampu mengatasi perlawan atlet Taiwan, Yang Yung-wi pada pertandingan final Judo 60kg. Ia sukses memenangkan tiga pertandingan terakhirnya dengan skor terbaik.

Praktis keberhasilan Takato setidaknya dapat memberikan kegembiraan yang sangat dibutuhkan bagi seluruh masyarakat Jepang, mengingat mereka masih merasakan dilema lantaran Olimpiade 2020 berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Di sisi lain, ini menjadi penebusan atlet Judo berusia 28 tahun itu setelah pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ia hanya mendapatkan medali perunggu.

Jepang memenangkan 39 medali emas dan 84 total medali pada cabang olahraga Judo, keduanya merupakan puncak dalam sejarah Judo di Olimpiade, dan sejarah Olimpiade Jepang dalam olahraga apa pun.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA