Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Potret Masa Kecil Penyanyi Tanah Air dan Kebiasaan Uniknya

Jumat 23 Jul 2021 21:57 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Raisa.

Raisa.

Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Raisa pernah bercita-cita menjadi seorang detektif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada perasaan menyenangkan yang senantiasa muncul ketika mengenang masa kecil. Momen nostalgia itu dapat hadir dari mengingat makanan, aroma, suara-suara favorit, hingga mengenang teman-teman dan cita-cita masa kecil. Untuk merayakan Hari Anak Nasional, platform musik digital, Spotify, melakukan perjalanan menyusuri jalan kenangan bersama beberapa penyanyi Indonesia dan menemukan kenangan masa kecil favorit mereka. 

Tidak hanya itu, penggemar juga dapat melihat potret masa kecil para penyanyi yang menghiasi sampul beberapa playlist teratas Spotify di Indonesia. Siapa saja mereka? 


1. Raisa (di sampul playlist Wanita Indonesia) 


photo
Potret kecil Raisa. - (Dok pribadi/Spotify.)
 

Apakah kamu tahu bahwa Raisa pernah bercita-cita menjadi seorang detektif? Bayangkan seandainya mimpi tersebut terwujud menjadi nyata. Anda mungkin tidak dapat mendengar suara emasnya seperti sekarang. Tetapi benar adanya bahwa Raisa kecil memang menyukai semua hal yang berkaitan dengan misteri dan memecahkan teka-teki menggunakan petunjuk yang ada. 

Seperti anak-anak pada umumnya, Raisa juga suka bermain dengan Polly Pocket (boneka plastik mini yang populer di kalangan anak-anak 1990-an). Dia mengaku memiliki koleksi berbagai versi boneka tersebut, mulai dari kastil Cinderella hingga liontin Aladdin!

"Ada satu lagu yang selalu membawa saya kembali ke masa kecil, 'I Turn to You' dari Christina Aguilera. Saya sering menyanyikan lagu ini untuk ibu saya ketika karaoke di rumah," cerita Raisa, dalam berdasarkan keterangan tertulis Spotify yang diterima Republika.co.id, Jumat (23/7).

2. Afgan (di sampul playlist Naik Daun) 

photo
Potret kecil Afghan. - (Dok pribadi/Spotify)
 

Ketika mengingat kembali momen masa kecilnya, Afgan selalu teringat pada walkman kesayangan yang setia menemaninya tumbuh dewasa. Kecintaannya pada musik dan kegemarannya mengikuti alunan nada di walkman tersebut pun membuat Afgan ingin menjadi seorang penyanyi. Kini dia berhasil mewujudkannya.

“Lagu favorit saya saat tumbuh dewasa adalah 'I Want It That Way' oleh Backstreet Boys,” kenangnya sambil tertawa kecil. 

3. Nadin Amizah (di sampul playlist Indienesia)

photo
Potret kecil Nadin Amizah. - (Dok pribadi/Spotify)
 

Pada masa kecilnya, Nadin senang bermain dengan gaun boneka kertas Barbie. Hal ini menjelaskan mengapa Nadin dewasa selalu tampil trendi.

Selain mainan, Nadin mengaku ada sebuah lagu yang selalu mengingatkan pada masa kecilnya, yaitu lagu "Bento" karya Iwan Fals.

“Orang tua ku dulu menyanyikan lagu itu di rumah,” kenangnya.

4. Lyodra (di sampul playlist Puncak Klasemen)

photo
Potret kecil Lyodra. - (Dok pribadi/Spotify)
 

Ketika berusia 18 tahun, Lyodra telah mewujudkan mimpinya sewaktu kecil untuk menjadi seorang publik figur yang muncul di TV. “Aku sangat ingin menjadi seorang selebritas atau seorang penyanyi dan muncul di TV. Hahaha.” kata dia.

Menjadi seorang penyanyi sejak kecil, membuat Lyodra masih sangat menyukai lagu anak-anak seperti "Cicak-Cicak di Dinding". “Selain itu, aku juga sangat menyukai lagu 'Bunda' karya Melly Goeslaw,” ujarnya.

5. Stevan Pasaribu (di sampul playlist Musik Akhir Pekan)

Stevan mencapai ketenaran setelah lagunya, "Belum Siap Kehilangan", menjadi viral. Penyanyi berdarah Batak ini sudah gemar menyanyi sejak kecil, dan kini dia berhasil mewujudkan impian masa kecilnya untuk menjadi seorang penyanyi.

“Mengingat kembali masa kecil saya, saya ingat suka menyanyikan lagu daerah dari kampung halaman saya di Sumatera Utara berjudul Madekdek Magambiri," kata dia.

5. Basboi (di sampul playlist RADAR Indonesia)

photo
Potret kecil Basboi. - (Dok pribadi/Spotify)
 

Salah satu bintang hip-hop terpanas saat ini, Basboi, juga turut mengenang masa kecilnya. Dia mengatakan, masa kecilnya dihabiskan dengan banyak hal yang terkait karakter superhero.

“Lagu yang mengingatkan saya pada masa kecil saya adalah lagu tema 'Mighty Morphin Power Rangers'. Saya juga pernah bermimpi untuk menjadi Spider-Man saat saya masih kecil,” kata Basboi.

6. Rahmania Astrini (di sampul playlist Ke Seberang)

photo
Potret kecil Rahmania Astrini. - (Dok pribadi/Spotify)
 

Rahmania Astrini menghabiskan masa kecilnya memainkan berbagai jenis mainan tradisional Indonesia seperti congklak dan bekel. Kecintaannya pada budaya asli Indonesia turut membuatnya gemar menyanyikan lagu-lagu daerah dari kota kelahirannya, Bandung, seperti "Manuk Dadali".

“Saya bahkan menyanyikan lagu tersebut pada salah satu perlombaan saat saya masih kecil. Saya sering sekali mendengarkan lagu ini ketika masih duduk di bangku sekolah dasar,” kata Rahmania.

Meski memiliki suara yang bagus dan banyak pendengar, Rahmania sebenarnya bercita-cita menjadi seorang dokter sejak kecil. Baginya, sangat menyenangkan bisa menjalani profesi yang disukai banyak orang.

7. Dipha Barus (di sampul playlist Lantai Dansa)

photo
Potret kecil Dipha Barus. - (Dok pribadi/Spotify)
 

Dipha Barus telah menunjukkan minatnya kepada musik sejak usia muda. Sebagai salah satu DJ ternama di Indonesia, masa kecil Dipha tidak jauh dari gitar akustik dan kibor Roland E-86. Pilihan lagu yang membawanya kembali kenangan manis masa kecilnya pun cukup menarik, yaitu "Ob-La-Di, Ob-La-Da" dari The Beatles.

Selain tertarik pada musik, dia juga bercita-cita menjadi seorang ninja saat masih kecil. "Mereka sangat keren, memiliki aura misterius dan tenang, serta menguasai berbagai keterampilan seperti seni bela diri, psikologi perilaku, memanjat, menjadi tidak terlihat, dan menguasai percakapan," kata Dipha.

Temukan potret-potret masa kecil yang menggemaskan dari para artis tersebut pada sampul sejumlah playlist Spotify terpopuler di Indonesia mulai hari ini hingga 30 Juli 2021. Tersedia di aplikasi Spotify, baik bagi pengguna premium maupun gratis. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA