Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

BWA Bawa 10 Ribu Alquran Wakaf untuk Kalimantan Selatan

Jumat 23 Jul 2021 16:32 WIB

Red: Irwan Kelana

Badan Wakaf Alquran (BWA) mendistribusikan Alquran wakaf ke sejumlah pesantren, rumah tahfidz, majelis taklim dan masjid di Kalimantan Selalatan (Kalsel), 12-19 Juli 2021.

Badan Wakaf Alquran (BWA) mendistribusikan Alquran wakaf ke sejumlah pesantren, rumah tahfidz, majelis taklim dan masjid di Kalimantan Selalatan (Kalsel), 12-19 Juli 2021.

Foto: Dok BWA
BWA akan berikhtiar  menyediakan 100 ribu Alquran  wakaf untuk warga Kalsel.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN – Badan Wakaf Alquran (BWA)  sebagai lembaga wakaf “Sejuta Quran Satukan Indonesia” selalu menjaga komitmen dan konsistensinya dalam menyediakan Alquran  wakaf untuk umat Islam yang membutuhkan. Tentunya ketersediaan Alquran  wakaf ini didapat dari para wakif yang sudah rutin mewakafkan hartanya untuk membagun umat.

Tim  BWA dan relawan berangkat ke Kalimantan Selatan untuk melakukan distribusi 10 ribu Alquran  wakaf pada tanggal  12 – 19 Juli 2021. Aktivitas baik ini dilakukan bersama-sama dengan komunitas lokal dan didukung oleh institusi terkait seperti Pemda Kalsel, Korem Antasari, Angkatan Laut (AL)  dan Kepolisian setempat.

“Alhamdulillah, distribusi Alquran wakaf di Kalimantan Selatan sangat didukung masyarakat setempat.  Baik dari komunitas maupun pemangku kebijakan. Sebanyak 10 ribu Alquran wakaf ini didistribusikan ke sejumlah pesantren, rumah tahfidz, majelis taklim dan masjid,” kata Hazairin Hasan, Chief Program Officer BWA melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (23/7).

Brigadir Jenderal TNI Firmansyah,  Danrem 101 Antasari memberikan dukungannya untuk distribusi Alquran wakaf ini. “Siapa pun yang mendukung aktivitas baik ini, insya Allah akan mendapatkan balasan dari Allah SWT,” ujarnya.

Dukungan juga datang dari Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko  MtrHanla.  “Tentunya kita sangat mendukung.  Ini baik sekali untuk pembelajaran bagi kita masyarakat luas. Karena kita ketahui bersama, bahwa banyak masyarakat pesisir yang tidak kesentuh.  Apalagi ini terkait Alquran, yang menurut saya orang harus tahu pengajarannya, terus pembelajarannya, sampai dia harus bisa membaca dan bisa menghafalkan,” kata Herbiyantoko.

Dukungan juga datang dari Safrizal sebagai PJ Gubernur Kalsel. Ia mengatakan,  jumlah Alquran wakaf yang dibawa oleh BWA masih sedikit jumlahnya dibandingkan kebutuhan di Kalimantan Selatan.  Karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lebih,  agar membantu mewakafkan Alquran untuk dibagikan kepada mereka yang memerlukan.

“Untuk memperkuat tiang agama, saya imbau kepada saudara sekalian, mewakafkan sebagian hartanya di jalan Allah, dalam rangka pengadaan mushaf Alquran untuk didistribusikan kembali kepada masyarakat Kalimantan Selatan maupun di seluruh Indonesia,” ajak Safrizal.

Menanggapi hal tersebut, Hazairin mengatakan,  “Insya Allah BWA akan berikhtiar untuk menyediakan 100 ribu Alquran  wakaf untuk Kalimantan Selatan.  Masih ada 90 ribu Alquran  yang para wakif bisa wujudkan untuk saudara-saudara muslim di sana.”

“Semoga dengan semangat ‘2021 Sejuta Quran Satukan Indonesia’ dapat memotivasi umat Islam untuk lebih semangat lagi membaca dan medalami Alquran,” tutup Hazairin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA