Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Mengapa Ibu Hamil Harus Menjaga Kesehatan Mulut?

Sabtu 24 Jul 2021 02:25 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Memeriksakan gigi ke dokter gigi penting dilakukan dari sebelum hamil.

Memeriksakan gigi ke dokter gigi penting dilakukan dari sebelum hamil.

Foto: Antara
Masih banyak ibu hamil belum menyadari manfaat kesehatan mulut yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga kesehatan mulut penting untuk semua orang dari segala usia, tapi menjadi lebih krusial bagi ibu hamil. Rutinitas harian perawatan mulut akan sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi.

Sebuah studi baru mengungkap, masih banyak ibu hamil belum menyadari manfaat kesehatan mulut yang baik selama mengandung. Kesadaran masyarakat tentang hal itu dinilai perlu terus ditingkatkan.

Perusahaan riset pasar Ipsos dan GSK Consumer Healthcare menyatakan bahwa kesehatan mulut dapat berkontribusi pada kehamilan yang lebih sehat dan menurunkan risiko komplikasi. Ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Kadar hormon yang lebih tinggi selama kehamilan dapat mengubah cara tubuh bereaksi terhadap penumpukan plak penyebab gusi bengkak, tanda awal penyakit gusi. Ibu hamil dengan penyakit gusi yang parah lebih berisiko melahirkan prematur, mengalami preeklamsia, atau melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Membersihkan gigi secara teratur dengan produk yang tepat dan mengunjungi dokter gigi menjadi cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan mulut. Medical Lead GSK Consumer Healthcare Oral Health, Stephen Mason, menyarankan ibu hamil tidak mengabaikan perawatan mulut harian.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA