Jumat 23 Jul 2021 13:51 WIB

Cerita Peziarah yang Melakukan Perjalanan Haji

Setiap jamaah sangat peduli dengan orang asing ketika berhaji

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Esthi Maharani
Dalam foto yang diambil dengan kecepatan rana rendah ini, jamaah haji mengelilingi Ka
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Dalam foto yang diambil dengan kecepatan rana rendah ini, jamaah haji mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seorang peziarah mengakhiri haji pada Kamis (26/7) dalam suasana yang sangat unik karena pandemi masih terjadi secara global. Menjadi salah satu yang terpilih untuk haji tahun ini, Dina, seorang peziarah Yordania berbagi pengalaman pribadinya.

"Kami tidak berdandan dengan pakaian mewah dan perhiasan, kami berpakaian dengan gembira,” kata Dina dikutip dari aboutislam.net pada Jumat (23/7).

Kemudian, ia mengaku kenangan yang ia buat sangat berharga dan semuanya dengan orang asing. Ia menghabiskan hari-hari haji dan menciptakan ikatan yang mendalam dengannya.

"Saya tidak bisa menjelaskannya. Tapi kami saling peduli melalui setiap langkah mungkin menjadi salah satu alasannya," kata dia.

Ia menjelaskan saat di sana, mereka membawa beban satu sama lain dalam perjalanan panjang antar lokasi, mendorong kursi roda untuk orang-orang dalam kelompok atau mengoleskan salep untuk meredakan luka lecet di kaki akibat berjalan di cuaca panas.

"Rasanya sangat menyenangkan berada di sana untuk satu sama lain terlepas dari mana mereka berasal. Ini adalah pelajaran tidak ternilai dan tersembunyi yang diajarkan haji kepada kami," kata dia.

Diketahui, Haji terdiri dari beberapa upacara yang melambangkan konsep-konsep penting dari iman Islam. Mereka juga memperingati cobaan Nabi Ibrahim dan keluarganya. Setiap Muslim dewasa berbadan sehat yang mampu secara finansial membayar perjalanan harus melakukan haji setidaknya sekali seumur hidup.

Akibat pandemi Covid-19, pemerintah Saudi memangkas jumlah jemaah haji menjadi hanya 60 ribu untuk menekan penyebaran virus mematikan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement