Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

21 Gejala Covid-19, Ketahui Agar Bisa Cepat Jalani Tes

Jumat 23 Jul 2021 13:47 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Tes Covid-19. Orang-orang yang telah divaksinasi juga perlu menjalani tes Covid-19 jika merasakan gejala penyakit infeksi SARS-CoV-2 tersebut.

Tes Covid-19. Orang-orang yang telah divaksinasi juga perlu menjalani tes Covid-19 jika merasakan gejala penyakit infeksi SARS-CoV-2 tersebut.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ada sejumlah gejala yang menandakan Anda perlu segera tes Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini, banyak orang merasa ragu melakukan tes untuk mengetahui apakah mereka terinfeksi virus corona jenis baru (Covid-19). Keraguan muncul salah satunya karena gejala yang dialami cenderung sama dengan penyakit umum lainnya, seperti misal batuk dan pilek.

Namun, saat ini ada sejumlah gejala yang menandakan bahwa Anda perlu segera melakukan tes Covid-19. Bahkan, saran tersebut juga berlaku bagi orang-orang yang telah divaksinasi, karena mereka dapat mengalami gejala yang berbeda juga.

Prof Tim Spector OBE, ilmuwan utama pengembang aplikasi ZOE Covid Study mengatakan, data terkini menunjukkan kasus Covid-19 baru terus meningkat. Itu terjadi karena Inggris mencabut sebagian besar pembatasan.

"Meskipun Covid-19 tidak terlalu parah pada populasi muda dan divaksinasi, wabah ini pasti tidak akan hilang dalam waktu dekat," ungkap Spector yang juga profesor epidemiologi genetik di King's College London.

Menurut Prof Spector, cara terbaik untuk menghentikan penyebaran Covid-19 adalah dengan memvaksinasi orang sebanyak mungkin. Orang juga perlu membiasakan diri dengan lebih dari 20 kemungkinan gejala Covid-19.

"Jalani tes Covid-19 ketika Anda merasa tidak enak badan," tutur Prof Spector, dilansir The Sun, Jumat.

Baca Juga

ZOE Covid Study telah mengumpulkan gejala Covid-19 paling jamak belakangan ini. Berikut 21 gejala yang harus diwaspadai dan menandai bahwa Anda mungkin perlu segera melakukan tes Covid-19:

1. Suhu tinggi (demam)
2. Menggigil
3. Batuk terus menerus
4. Kehilangan kemampuan indra penciuman
5. Kehilangan kemampuan indra pengecap
6. Sakit kepala
7. Kelelahan yang tidak biasa

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA