Jumat 23 Jul 2021 13:31 WIB

Pengguna Twitter dan Snapchat Terus Bertambah Selama Pandemi

Twitter dan Snapcaht mengalami peningkatan pendapatan selama pandemi

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
Twitter. Ilustrasi
Foto: Reuters
Twitter. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Perusahaan media sosial Twitter dan Snap terus menambah pengguna bahkan saat pembatasan pandemi mereda. Jumlah pengguna harian Snapchat mencapai 293 juta dalam tiga bulan hingga akhir Juni, mengalahkan ekspektasi analis.

Twitter melaporkan telah melewati angka 200 juta untuk pengguna aktif harian yang melihat iklan di platformnya pada periode yang sama, naik 11 persen dari tahun ke tahun. Kedua perusahaan yang berbasis di Kalifornia itu juga mengalami peningkatan pendapatan.

Baca Juga

Snap memiliki aplikasi seluler Snapchat, yang paling terkenal dengan fitur stories video dan fotonya yang menghilang setelah 24 jam. Perusahaan melaporkan pendapatan lebih dari dua kali lipat menjadi 982 juta dolar AS.

"Hasil kuartal kedua kami mencerminkan kekuatan berbasis luas dari bisnis kami, karena kami meningkatkan pendapatan dan pengguna aktif harian pada tingkat tertinggi yang telah kami capai dalam empat tahun terakhir," kata bos Snap Evan Spiegel dalam pembaruan keuangannya, dilansir BBC, Jumat (23/7).

Namun, perusahaan itu masih berada di posisi merah 152 juta dolar AS, turun dari 326 juta dolar AS dalam kerugian bersih untuk periode yang sama pada tahun 2020.

Sementara itu, situs mikroblogging Twitter mengatakan penjualan naik 74 persen tahun-ke-tahun menjadi 1,19 miliar dolar AS, menghasilkan keuntungan 65,7 juta dolar AS untuk perusahaan. Ini adalah pertama kalinya pendapatan iklan Twitter melewati angka 1 miliar dolar AS.

Perusahaan itu mengatakan telah berinvestasi dalam membuat kampanye iklan lebih mudah untuk membeli untuk usaha kecil dan menengah. "Saat kami memasuki paruh kedua tahun 2021, kami mengirim lebih banyak, belajar lebih cepat, dan merekrut bakat luar biasa," kata CEO Twitter Jack Dorsey kepada investor, Kamis.

Jejaring sosial yang berbasis di San Francisco ini juga menetapkan rencana pengeluaran untuk pusat data serta fitur-fitur baru seperti buletin dan layanan berlangganan yang memungkinkan pengguna untuk undo unggahan mereka. Namun Twitter memperingatkan total biaya dan pengeluarannya akan naik setidaknya 30 persen tahun ini karena berencana untuk meningkatkan tenaga kerjanya juga.

Snap juga telah bereksperimen dengan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pendapatan iklan dalam beberapa bulan terakhir, seperti layanan uji coba realitas virtual untuk pakaian atau make-up. Ia bahkan telah menguji coba augmented reality Spectacles. Spiegel mengatakan dia senang dengan kemajuan yang dibuat tim dalam mengembangkan teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement