Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

WhatsApp Multi Device, Bisa Pakai WhatsApp di 4 Perangkat

Jumat 23 Jul 2021 10:10 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Whatsapp

Whatsapp

Foto: Pixabay
WhatsApp meluncurkan fitur baru yang disebut multi devic dalam versi beta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp meluncurkan fitur baru yang disebut multi device atau multi perangkat. Fitur ini ada dalam versi beta. Secara sederhana, fitur ini berguna agar Anda tetap terhubung meski ponsel Anda sedang mati atau tidak menerima sinyal.

Jika Anda telah menginstal WhatsApp di ponsel, Anda bisa menggunakan WhatsApp di perangkat komputer atau dekstop. Namun, ponsel Anda tetap menjadi titik kontak pertama. Ponsel Anda harus tetap dihidupkan sehingga Anda dapat menerima dan mengirim pesan dari komputer Anda. Jika ponsel Anda mati atau tak miliki sinyal, akses ke whatsapp web akan terputus.

Baca Juga

Dilansir dari Android Police, Jumat (23/7), dengan fitur multi device ini, Anda akan bisa menggunakan layanan di komputer Anda bahkan ketika baterai ponsel Anda mati atau tidak sinyal.

Hanya satu telepon + empat perangkat

Ada dua batasan yang sangat penting untuk protokol multi perangkat baru. Pertama, tidak ada dukungan untuk menggunakan lebih dari satu telepon saat ini. Anda tidak bisa menjalankan akun WhatsApp yang sama di dua smartphone (atau tablet dengan aplikasi asli)

Kedua, hanya empat perangkat pendamping yang dapat dihubungkan pada titik mana pun dan telepon harus tetap menjadi pemasok utama akses. Jika tidak memiliki koneksi selama 14 hari, semua perangkat yang ditautkan akan keluar secara otomatis. Batas empat perangkat harus cukup untuk masuk ke komputer rumah, komputer kantor, laptop dan tablet (menggunakan klien web).

photo
Cara bergabung dengan WhatsApp multi device beta - (whatsapp)
 

photo
Cara bergabung dengan WhatsApp multi device beta (2) - (whatsapp)
 

Bergabung dengan versi beta

Jika Anda tertarik mencoba fitur baru ini, ada dua tingkat beta yang harus Anda ikuti. Pertama, opsi secara keseluruhan saat ini diluncurkan untuk mereka yang menggunakan WhatsApp versi beta.

Untuk melakukan itu, Anda dapat mendaftar di PlayStore atau secara manual mengambil beta v2.21.15.10 terbaru dari APM Mirror. Jika Anda memilih untuk tetap menggunakan rilis stabil mungkin harus menunggu sedikit lebih lama hingga pengujian mencapai perangkat.

Setelah memastikan menjalankan versi ini, Anda dapat mengetuk tombol overflow di kanan atas aplikasi lalu Linked devices. Di sinilah biasanya Anda memiliki klien web dan desktop, tetap bagian baru akan muncul: Multi-perangkat beta. Untuk saat ini, ini adalah fitur keikutsertaan, artinya Anda harus mengaktifkannya secara manual.

Setelah Anda bergabung dengan versi beta, semua sesi masuk yang ada akan dihapus dan Anda akan keluar dari sesi tersebut. Jadi sebaiknya Anda menyimpan ponsel di dekat Anda jika ingin mengaktifkan WhatsApp lagi di perangkat Anda. Menautkan klien web atau desktop baru dilakukan dengan cara yang sama seperti sebelumnya: Anda mengautentikasi dengan sidik jari lalu memindai kode QR.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA