Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Serie A Berencana Buka Kapasitas Stadion 50 Persen

Jumat 23 Jul 2021 09:54 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pemain Atalanta merayakan gol yang diciptakan Ruslan Malinovsky ke gawang Juventus di tengah kondisi stadion yang tanpa penonton musim lalu.

Pemain Atalanta merayakan gol yang diciptakan Ruslan Malinovsky ke gawang Juventus di tengah kondisi stadion yang tanpa penonton musim lalu.

Foto: istimewa/tangkapan layar
Serie A Italia dijadwalkan bergulir pada 21 Agustus mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pemerintah Italia memberi izin pembukaan stadion sebanyak 50 persen dari total kapasitas untuk penonton selama kompetisi sepak bola setempat di musim 2021/22. 

Selain itu, pemerintah hanya mengizinkan orang yang bebas Covid-19 dengan bukti sah untuk bisa masuk ke dalam stadion. Setiap individu wajib menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil tes negatif Covid-19 selama 48 jam terakhir, plus sudah enam bulan sembuh dari Covid-19 bagi mereka yang pernah terpapar. 

Pemerintah Italia menetapkan izin masuk ke stadion sebagai Green Card. Hal serupa juga diterapkan agar bisa masuk ke dalam tempat publik lain seperti bioskop, teater, museum, gym, bahkan restoran. Sementara untuk klub malam, sampai saat ini masih ditutup.

Di satu sisi, Kementerian Olahraga Italia sedang berusaha membuka stadion hingga 75 persen meski pemerintah pusat menyatakan 50 persen kapasitas adalah batas maksimal. 

Pemerintah setempat belum menetapkan batas waktu penerapan kebijakan ini. Pasalnya, regulasi pemerintah disesuaikan dengan keadaan setiap daerah yang berbeda-beda.

Serie A Italia dijadwalkan bergulir pada 21 Agustus mendatang. Sampai saat ini, pihak klub belum berani menjual tiket karena khawatir peraturan pemerintah kembali berubah-ubah. 

Klub-klub Serie A masih sibuk dalam manuver belanja dan melepas pemain di bursa transfer musim panas tahun ini, sambil menunggu keputusan pemerintah setempat. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA