Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Alasan Dhani Gandeng Yura Rilis Ulang Kangen-Risalah Hati

Jumat 23 Jul 2021 07:50 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Yura Yunita dalam video musik Risalah Hati.

Yura Yunita dalam video musik Risalah Hati.

Foto: Youtube
Proses produksi kolaborasi ini telah berlangsung sekitar satu bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih dalam rangkaian rilisan ulang karya-karya terbaik Dewa 19, kali ini sang legenda hidup, Ahmad Dhani menggandeng Yura Yunita yang dipercaya untuk menyanyikan kembali "Kangen" dan "Risalah Hati". Kedua lagu ini sudah mempunyai ruang di hati para pencinta musik Indonesia. Namun baik Dhani dan Yura percaya bahwa dengan mereka berkolaborasi, dapat menghasilkan versi terbaik dan memberikan efek magis pada lagu yang sudah dirilis sejak tahun 1992 ini.

"Saya yakin banget single 'Kangen' versi Yura ini bisa mengalahkan lagu 'Kangen' yang pernah dibawakan versi almarhum Chrisye dan Sophia Latjuba dulu tahun 2000-an," ujar Dhani mengutip keterangan resminya pada Jumat (23/7).

"Menurut saya, Yura ini keren banget nyanyiin lagu 'Kangen' dan 'Risalah Hati' apalagi diiringi oleh orkestra pimpinan saya dan Guntur Pardjono Putra," lanjutnya.

Kedua lagu yang dinyanyikan ulang oleh Yura ini, menjadi bagian dari rangkaian rilisan menuju perhelatan selebrasi Dewa 19 ke 30 tahun, yang puncaknya akan berlangsung pada 2022 mendatang.

Dhani mengaku bahwa dalam setiap karya, dia ingin menunjukkan keahlian dalam bermusik. Begitupun dengan kolaborasi ini, dia ingin menunjukkan kemahirannya dalam mengolah lagu yang sudah familiar ini, menjadi sangat otentik khas Yura.

Kemampuan teknik vokal Yura serta aransemen musik untuk "Kangen" dan "Risalah Hati", belum pernah ada sebelumnya di versi lain lagu tersebut. Sentuhan aransemen musik orkestra di kedua lagu ini juga merupakan hasil pikir bersama antara Dhani dan Yura.

Proses produksi kolaborasi ini telah berlangsung sekitar satu bulan. Selama proses berlangsung, Yura mengaku banyak mendapatkan ilmu dari sang maestro, bagaimana dedikasi dan integritas adalah kunci untuk bisa bertahan dalam 30 tahun bermusik.

"Kaget banget sih waktu awal dikontak sama Mas Dhani buat main ke rumahnya. Katanya dapat nomorku dari mas Armand Maulana. Ternyata diajak untuk merilis kembali lagu favorit aku, yang bahkan lagu 'Kangen' itu udah ada sebelum aku lahir di dunia ini," ujar Yura.

"Aku betul-betul mengidolakan dan tumbuh besar dengan karya musik jenius dari Dewa 19 sejak aku SD dan wow, sekarang official lagu 'Kangen' dan 'Risalah Hati' dinyanyikan sama aku," imbuh Yura.

Yura juga merasakan bahwa kedua lagu ini akan rilis di momentum yang tepat, yang dapat mewakili perasaan semua orang di masa pandemi yakni kangen untuk berjumpa dengan rekan dan orang terdekat."Kangen" dan "Risalah Hati" dapat didengarkan mulai 23 Juli di platform musik digital.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA