Jumat 23 Jul 2021 05:20 WIB

Penyintas Covid-19 Diingatkan tak Takut Donor Plasma

Donor plasma konvalesen perlu digalakkan sebagai upaya menekan angka fatalitas pasien

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda
Petugas memperlihatkan plasma konvalesen yang telah didonorkan oleh penyintas Covid-19, (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas memperlihatkan plasma konvalesen yang telah didonorkan oleh penyintas Covid-19, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya kembali menyelenggarakan penyaringan donor plasma konvalesen untuk para penyintas Covid-19, Kamis (22/7). Kegiatan yang digelar meloloskan 28 orang penyintas yang dapat mendonorkan plasma konvalesennya. Donor plasma konvalesen perlu digalakkan sebagai upaya menekan angka fatalitas pasien Covid-19, seiring meningkatnya pasien dengan kondisi kritis.

Dokter penanggungjawab pasien RSLI Surabaya, Fauqa Arinil Aulia mengajak para penyintas untuk mendonorkan plasma konvalesennya. Ia mengingatkan para penyintas untuk tidak khawatir dalam menjalani proses donor plasma konvalesen.

"Semua sudah diukur dan dianalisa secara medis, sehingga pengambilan plasma tidak akan membahayakan tubuh pendonor. Saat ditranfusikan juga tidak akan membahayakan penerimanya," ujarnya.

Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Covid-19 RSLI Surabaya, Radian Jadid  menyatakan, kegiatan donor plasma konvalesen perli terus dilaksanakan untuk bisa memperbanyak pasokan di PMI. Apalagi, kata dia, di PMI Surabaya saja, ada sekitar 400 pasien yang mengantre untuk mendapatkan plasma konvalesen.

“Kami salut dan bangga atas wujud nyata para penyintas berbagi untuk kesembuhan penderita Covid-19 melalui transfusi plasma konvalesen,” kata Jadid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement