Kamis 22 Jul 2021 21:47 WIB

KRI dr Soeharso Pasok Oksigen untuk Pasien Covid-19

TNI AL secara total akan mengerahkan seluruh sumber daya manusia.

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kdeua kanan) menyerahkan bantuan tabung oksigen secara simbolis kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) di KRI dr. Soeharso-990 di  Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (22/7/2021). TNI AL melalui Koarmada II membantu Pemprov Jatim dalam pelayanan isi ulang oksigen bagi Rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan.
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kdeua kanan) menyerahkan bantuan tabung oksigen secara simbolis kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) di KRI dr. Soeharso-990 di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (22/7/2021). TNI AL melalui Koarmada II membantu Pemprov Jatim dalam pelayanan isi ulang oksigen bagi Rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso-990 disiagakan di Dermaga Madura Markas Komando Armada II Surabaya untuk memasok kebutuhan oksigen bagi pasien COVID-19 dengan gejala sesak nafas.

"Kami juga siap melayani isi ulang tabung oksigen," ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Madura Markas Koarmada II di Surabaya, Kamis (22/7).

Ia juga memastikan kapal bantu rumah sakit KRI dr Soeharso memiliki generator yang mampu memproduksi oksigen sehingga dapat dibagikan kepada seluruh rumah sakit rujukan COVID-19, khususnya di wilayah Jawa Timur. KASAL menjelaskan nantinya akan dibuka pelayanan isi ulang tabung oksigen gratis di pinggir jalan raya depan Markas Koarmada II Surabaya.

"Tempatnya nanti akan diumumkan, biar masyarakat yang membutuhkan bisa langsung ke sana. Kami buka 24 jam sehingga sewaktu-waktu bisa langsung tukar tabung kosong ukuran 1.500 maupun 6.000 liter dengan yang sudah terisi oksigen," ucap dia.

KASAL Yudo Margono menyatakan KRI dr Soeharso akan memproduksi oksigen selama 24 jam terus menerus sehingga bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan. "Untuk rumah sakit di Jawa Timur yang membutuhkan akan kami siapkan juga di pinggir jalan raya. Nanti pihak rumah sakit bisa menukar tabung yang kosong dengan yang telah terisi oksigen," katanya.

Sementara itu, generator oksigen di kapal bantu rumah sakit KRI dr Soeharso-990 memiliki tiga "nozzle" pengisian yang mampu mengisi tabung oksigen berkapasitas volume 6.000 liter dalam kurun waktu satu jam 40 menit. Lalu, kata KASAL, tabung dengan kapasitas volume 1.500 liter dalam waktu 20 menit selama 24 jam nonstop.

"TNI AL secara total akan mengerahkan seluruh sumber daya manusia dengan pelayanan yang memungkinkan, demi Indonesia yang sehat dan bebas dari COVID-19," ujar KASAL.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement