Jumat 09 Jul 2021 19:03 WIB

Kini Akses Pelayanan JKN-KIS Sangat Mudah Lewat Pandawa

Menjadi peserta JKN-KIS merupakan hal yang sangat penting

Reta Seta Meitriani (27).
Foto: BPJS Kesehatan
Reta Seta Meitriani (27).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kehadiran berbagai macam inovasi layanan pada Program JKN-KIS menjadi salah satu bukti dari komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan mengakses layanan bagi selruuh peserta. Kini, melalui inovasi pelayanan lewat Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), seluruh peserta bisa mengakses pelayanan hanya dengan memanfaatkan gawainya tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Saya tahu Pandawa dari teman, infonya kalau mengurus administrasi JKN-KIS itu tidak usah ke kantor BPJS Kesehatan karena cukup lewat WA. Jujur awalnya saya tidak percaya, tetapi setelah mencobanya langsung ternyata memang lebih praktis ya,” ujar salah satu peserta JKN-KIS asal Sukabumi, Reta Seta Meitriani (27).

Selanjutnya Reta melanjutkan ceritanya bahwa Pandawa membantunya saat dirinya melakukan pendaftaran untuk menjadi peserta JKN-KIS. “Saya chat nomor WA-nya dan langsung di balas. Selanjutnya saya perhatikan betul prosedur atau langkah-langkahnya, membaca dengan seksama panduan yang diberikan, dan segera memenuhi dokumen persyaratan yang harus dikirmkan melalui foto tidak lebih dari setengah jam. Alhamdulillah pelayanannya cepat, saya dan suami akhirnya terdaftar menjadi peserta JKN-KIS,” ungkap Reta.

Reta dan suaminya sadar betul menjadi peserta JKN-KIS merupakan hal yang sangat penting dan harus disiapkan sejak dini, tidak saat sakit baru mendaftar. Dengan adanya pelayanan secara online, Reta sangat mengapresiasi karena sejalan dengan upaya terbaik untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

 

“Apalagi waktu itu saya sedang hamil dan mempersiapkannya juga untuk menyambut kelahiran anak yang pertama, jadi dengan Pandawa bisa saya akses tanpa harus keluar rumah,” kata Reta.

Merasakan manfaatnya saat tiba waktunya melahirkan juga Reta syukuri, pelayanan di rumah sakit semua lancar tanpa kendala dibantu oleh petugas untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS bayi  dengan cepat, dan Reta sangat terbantu.

Dengan berbagai kemudahan pelayanan yang telah Reta dapatkan sebagai peserta JKN-KIS, terutama dengan banyaknya inovasi pelayanan yang mempertimbangkan perkembangan teknologi serta kondisi pandemi Covid-19. Pelayanan tanpa tatap muka melalui kanal-kanal pelayanan seperti Pandawa, Aplikasi Mobile JKN, Chika di nomor Whatsapp / Telegram 08118750400 untuk pelayanan informasi / pengaduan, dan Care Center 1500 400 sangat mempermudah peserta JKN – KIS untuk mengakses pelayanan BPJS Kesehatan secara online di mana pun peserta berada.

“Apalagi sekarang informasi mengenai JKN-KIS dan BPJS Kesehatan dapat kita peroleh melalui media sosialnya, ada Facebook, Instagram, Twitter, Youtube juga. Tinggal akses lewat handphone, lengkap dan mudah," kata Reta.

Tidak lupa Reta pun mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan untuk selalu memberikan informasi mengenai pelayanan tanpa tatap muka yang terkini ini melalui berbagai informasi seperti banner, spanduk, flyer atau leaflet, poster, talkshow di radio, media cetak, juga sosialasi langsung kepada masyarakat. “Semoga selalu update terus untuk pelayanan terbaik kepada pesertanya dan masyarakat luas,” harap Reta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement