Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Brasil Bekap Jerman 4-2 di Olimpiade Tokyo

Kamis 22 Jul 2021 20:51 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Penyerang Brasil Richarlison (kiri) mencetak hat-trick saat timnya mengalahkan Jerman 4-2 pada laga pembuka sepak bola putra Grup D Olimpiade Tokyo.

Penyerang Brasil Richarlison (kiri) mencetak hat-trick saat timnya mengalahkan Jerman 4-2 pada laga pembuka sepak bola putra Grup D Olimpiade Tokyo.

Foto: AP/Kiichiro Sato
Ini merupakan partai ulangan final Olimpiade 2016 yang juga dimenangkan Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, YOKOHAMA -- Timnas Brasil menang dengan skor meyakinkan 4-2 atas lawannya Jerman pada laga perdana Grup D sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Internasional Yokohama, Kamis (22/7) malam WIB. Tiga gol Brasil hadir pada babak pertama melalui hat-trick penyerang Everton Richarlison dan satu dari Paulinho pada injury time laga. Jerman hanya mampu mencetak gol lewat Nadiem Amiri dan Ache.

Brasil memimpin klasemen Grup D dengan nilai tiga, unggul selisih gol dari Pantai Gading yang sebelumnya mengalahkan Arab Saudi 2-1. Jerman sementara menempati posisi buncit. Jerman gagal revans atas kekalahan mereka dari Brasil pada partai final sepak bola putra Olimpiade 2016 lalu.

Baca Juga

Jalannya laga

Pertandingan baru berlangsung tujuh menit gawang Jerman sudah dipermalukan oleh Brasil lewat aksi penyerang Richarlison. Penyerang the Toffees ini membobol gawang Jerman yang dikawal kiper 23 tahun, Florian Mueller. Setelah itu, Richarlison mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-22 dan mencetak hat-trick delapan menit kemudian.

Selecao sejatinya berpeluang besar untuk menambah keunggulan menjadi 4-0 pada akhir babak pertama. Tim Samba mendapat hadiah penalti setelah salah satu pemain Jerman handball di kotak terlarang.

Sayang Matheus Cunha yang ditunjuk sebagai algojo gagal menjalankan tugas. Sepakan penyerang Hertha Berlin itu ditepis oleh Florian Mueller yang mampu menebak arah bola dengan tepat. Brasil pun gagal menambah keunggulan sehingga babak pertama tetap berkesudahan 3-0.

Memasuki interval kedua permainan Brasil sedikit mengendur. Momen itu yang mampu dimanfaatkan oleh Jerman.

Gelandang serang Nadiem Amiri memperkecil kedudukan menjadi 1-3 pada menit ke-57. Sepakannya menggunakan kaki kanan dari luar kotak penalti tak bisa diantisipasi kiper Brasil.

Brasil baru mampu kembali mengendalikan permainan memasuki menit ke-65. Paulinho masuk menggantikan Antony untuk menambah sisi kreatif permainan Selecao. Adapun, pahlawan Richarlison ditarik keluar dan digantikan oleh Reinier.

Upaya rotasi Brasil tak berujung gol hingga memasuki menit ke-80. Jerman justru sukses memperkecil kedudukan menjadi 2-3 melalui aksi Ragnar Ache menit ke-84 usai menerima assist David Raum.

Dalam posisi terancam kehilangan tiga poin, skuad besutan Andre Jardine berhasil mengamankan kemenangan dengan gol terakhir Paulinho pada menit kelima injury time. Skor 4-2 menjadi hasil pamungkas laga.

Ini menjadi kekalahan kedua dalam dua pertemuan terakhir Jerman menghadapi Brasil pada ajang Olimpiade. Sebelumnya, Selecao berhasil mengamankan medali emas pada partai final Olimpiade 2016 silam.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA