Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Cara Bisa Makan Sehat dengan Anggaran Terbatas

Kamis 22 Jul 2021 20:37 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Cara bisa makan sehat dengan anggaran terbatas (ilustrasi).

Cara bisa makan sehat dengan anggaran terbatas (ilustrasi).

Foto: Republika/Prayogi
Jika kesulitan membeli daging, beralihlah pada tahu atau alternatif lain.

 

REPUBLIKA.CO.JAKARTA -- Mengonsumsi makanan yang sehat tampak sulit dijalani karena terkesan mahal. Namun, makanan paling bergizi sebenarnya adalah makanan yang disediakan langsung dari bumi, yang murni dan tidak diproses. 

Sayangnya, makanan tersebut tak selalu dapat diakses oleh semua orang. Berbagai kendala seperti mahalnya bahan makanan organik dan daging membuat orang-orang sulit mengonsumsi makanan sehat dengan anggaran terbatas. 

Menurut dokter naturopati dan praktisi ayurveda terapan di Northwestern Health Sciences University, Amrit Devgun, makan sehat termasuk dalam spektrum. Seperti halnya berolahraga, makan dengan baik bisa dimulai dengan langkah kecil. Misalnya, memasukkan produk konvensional ke dalam bahan makanan. Ini lebih baik dibandingkan tidak makan buah dan sayuran sama sekali.

"Jika Anda tidak mampu membeli produk organik segar, belilah buah dan sayuran bebas pestisida. Jika daging mahal tidak bisa, ganti dengan tahu atau alternatif lain, seperti kacang atau lentil,” jelas Devgun, dilansir laman MPS, Kamis (22/7). 

Saat mencoba menghemat tagihan belanjaan, Anda bisa memulainya dengan mengisi dapur dengan barang-barang yang bisa disimpan di rak, misalnya seperti kacang, nasi, dan lentil. 

Berbelanja makanan bergizi dengan dana terbatas membutuhkan sedikit strategi. Perhatikan baik-baik penjualan toko kelontong sehingga Anda dapat membeli bahan pokok yang didiskon. 

Untuk alasan yang sama, membeli dalam jumlah besar dapat menghemat uang dan tanpa biaya pengemasan. Makanan dalam jumlah besar lebih didiskon.

Anda bisa membuat perencanaan makan secara mingguan agar lebih hemat. Menghabiskan hanya 30 menit untuk mempersiapkan pekan depan membantu menghabiskan lebih sedikit uang dan membuang lebih sedikit makanan.

Daripada membuang sisa sayuran tumis, Anda bisa menambahkan ke telur kocok untuk keesokan paginya. Panggang ayam untuk makan malam dan simpan beberapa untuk dipasangkan dengan sayuran hijau untuk makan siang. Pertimbangkan pula buah dan sayuran yang sedang musim. 

Strategi berikutnya adalah menjauhkan diri dari godaan di lorong makanan ringan. Fokus aktivitas belanja Anda pada makanan yang berwarna-warni penuh fitonutrien seperti buah-buahan dan sayuran berwarna-warni. 

Makanan itu melindungi Anda dari penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Setiap warna memiliki kekuatan super untuk melawan penyakit, jadi memakan seluruh pelangi sangat ideal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA