Dinsos Banten Salurkan Bansos Beras di Delapan Wilayah

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Pekerja mengangkut beras bantuan sosial (bansos) sebelum didistribusikan ke masyarakat (ilustrasi).
Pekerja mengangkut beras bantuan sosial (bansos) sebelum didistribusikan ke masyarakat (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten meluncurkan penyaluran bantuan sosial beras dari pemerintah pusat yang diperuntukkan bagi kelompok penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial tunai (BST) terdampak PPKM Level 4.

Penyaluran perdana bansos beras tersebut dilakukan secara serentak di delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten di Kota Serang, Kamis (22/7). Kepala Dinsos  Banten, Nurhana mengatakan, alokasi bansos beras dari pemerintah pusat untuk PKH dan BST di Banten sebanyak 11.213.980 kilogram atau 11 ribu ton lebih.

Bansos yang berasal dari cadangan beras pemerintah pusat tersebut diperuntukkan bagi jutaan masyarakat Banten penerima PKH dan BST.Total penerima bansos beras di Provinsi Banten sebanyak 1.121.398 keluarga penerima manfaat (KPM) yang masing-masing akan mendapatkan 10 kg.

"Jumlah tersebut terdiri atas 336.146 KPM PKH dan 785.252 KPM BST," kata Nurhana. Dia menjelaskan, percepatan penyaluran bansos beras dilakukan bekerja sama dengan Perum Bulog dan PT Pos Logistik Indonesia.

Menurut dia, langkah itu merupakan tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan selanjutnya ditindaklanjuti dengan arahan Gubernur Banten Wahidi Halim. "Bapak Gubernur menginginkan agar bansos segera disalurkan kepada masyarakat penerima PKH dan BST yang terdampak PPKM," ucap Nurhana.

Bansos beras tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak Covid-19 selama masa PPKM Darurat.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinsos Banten, Budi Darma Sumapradja menambahkan, launching bansos beras serentak dilakukan di delapan titik di kabupaten/kota se-Banten. "Untuk selanjutnya jadwal penyaluran lengkap dengan alokasi besaran jumlah beras yang akan disalurkan, akan disusun secepatnya," kata Budi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Gubernur: Perlu Pembiasaan Memakai Masker di Banten

Tahun Ini, Banten Siap Miliki Stadion Bertaraf Internasional

Andika: Pemprov Banten Segera Ajukan Proyek Strategis

Target vaksinasi di Zona Merah Tangerang 35 Ribu Orang

Gubernur Banten Dampingi Wapres Tinjau Vaksinasi Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image