Kamis 22 Jul 2021 16:33 WIB

Greysia/Apriyani Optimistis Lolos Fase Grup Olimpiade

Indonesia hanya diwakili satu ganda putri cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) dan rekannya Greysia Polii.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) dan rekannya Greysia Polii.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia hanya diwakili satu ganda putri cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. Satu-satunya pasangan yang akan berjuang membawa nama Indonesia adalah duet kombinasi pemain senior dan junior, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Bagi Greysia, tampil di pesta olahraga terbesar di dunia ini bukan kali pertama. Tercatat ini adalah penampilan ketiganya di ajang Olimpiade. Debutnya di Olimpiade London 2012 kala itu berpasangan dengan Meiliana Jauhari. Saat Olimpiade Rio 2016, Greysia kembali tampil dengan pasangan yang berbeda yaitu, Nitya Maheswari.

Sayang, dalam dua penampilan di Olimpiade, Greysia belum berhasil mempersembahkan medali. Kini ia tampil dengan Apriyani, pemain yang 10 tahun lebih muda. Greysia yang sekarang berusia 33 tahun mengaku bersemangat dan akan bermain tanpa beban.

Greysia/Apriyani tergabung di Grup A bersama unggulan pertama asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Chloe Birch/Lauren Smith dari Inggris Raya, dan wakil Malaysia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

Apriyani yang baru pertama tampil di Olimpiade hanya ingin bisa bermain maksimal di setiap pertandingan. "Persaingan di grup cukup berat, tapi kami akan berupaya semaksimal mungkin," kata Apri beberapa waktu lalu.

Sementara itu, sang pelatih Eng Hian optimistis anak didiknya bisa lolos dari persaingan grup asal tidak lengah. "Saya cukup yakin dengan melihat kondisi selama masa persiapan, mereka dapat lolos persaingan grup atau lolos ke perempat final," ujar Didi, sapaan akrab Eng Hian, optimistis.

Dari hasil pertempuran sebelumnya, Greysia/Apriyani unggul 4-0 atas pasangan Inggris Raya, Birch/Smith. Kontra ganda Malaysia Chow/Lee, pasangan Indonesia ini sama kuat, 2-2. Namun Greysia/Apriyani tertinggal jauh 2-8 dari Fukushima/Hirota.

Hal ini membuat Didi melakukan beberapa penyesuaian latihan untuk Greysia/Apriyani selama masa pemusatan latihan di Kumamoto pekan lalu. Ia juga mengaku persiapan Anak asuhnya sudah mencapai 99 persen jelang pertandingan perdana. "Mereka sangat menikmati setiap program latihan yang diberikan dan menjalankan secara optimal," jelasnya.

Greysia/Apriyani akan memulai perjuangan di Olimpiade Tokyo 2020 melawan pasangan Malaysia pada Sabtu (24/7) di Mushashino Forest Sport Plaza.

Grup Ganda Putri Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020:

Grup A

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (1/Jepang)

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia)

Chloe Birch/Lauren Smith (Inggris Raya)

Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia)

Grup B

Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara (3/Jepang)

Doha Hany/Hadia Hosny (Mesir)

Kristen Tsai/Rachel Honderich (Kanada)

Cheryl Seinen/Selena Piek (Belanda)

Grup C

Lee So Hee/Shin Seung Chan (4/Korea Selatan)

Du Yue/Li Yinhui (Cina)

Maiken Fruergaard/Sara Thygesen (Denmark)

Gronya Somerville/Setyana Mapasa (Australia)

Grup D

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (2/Cina)

Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan)

Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand)

Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Bulgaria).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement