Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

5 Program Studi yang Banyak Diminati karena Pandemi Covid-19

Kamis 22 Jul 2021 15:32 WIB

Red: Irwan Kelana

Setidaknya ada lima program studi yang paling diminati karena pandemi  Covid-19.

Setidaknya ada lima program studi yang paling diminati karena pandemi Covid-19.

Foto: Dok UNM
UNM  dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menempuh pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak dunia dilanda pandemi virus Corona, banyak aspek dikehidupan yang berubah, salah satunya adalah pendidikan. Adanya wabah Covid-19 membuat perkuliahan dilaksanakan secara daring. Namun, tidak hanya itu saja.  Karena ekonomi yang semakin sulit,  membuat siswa berpikir ulang untuk menyusun masa depan. Pilihan jurusan kuliah pun harus ditimbang ulang agar nantinya lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Pandemi Covid-19 membuat kamu harus menyiapkan diri agar tetap sukses dalam berkarir. Jurusan kuliah menjadi salah satu faktor penentu akan karir yang diperoleh setelah lulus dari pendidikan di perguruan tinggi.  Berikut program studi yang diminati karena pandemi Covid-19 seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

1. Teknik Informatika

Program studi Teknik Informatika menjadi salah satu yang diminati karena pandemi Covid-19. Apalagi sejak adanya pandemi, masyarakat lebih terbuka terhadap teknologi. Teknik Informatika menjadi jurusan kuliah yang cukup menjanjikan, pasalnya penggunaan teknologi akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. 

Teknik Informatika mempelajari tentang penggunaan teknologi komputer dengan optimal untuk menangani berbagai masalah dalam pengolahan data atau proses logika. Jurusan ini akan mengkaji pemrograman dan komputasi. Prospek kerja jurusan ini juga cukup menjanjikan. 

Salah satu kampus dengan program studi Teknik Informatika adalah Universitas Nusa Mandiri (UNM). Selain kelas reguler, kampus ini juga membuka kelas karyawan sehingga memudahkan kamu untuk kuliah sambil kerja. 

2. Keperawatan

Salah satu profesi yang paling dibutuhkan di era pandemi adalah tenaga medis. Peran perawat semakin dibutuhkan di bidang kesehatan. Kemampuan perawat diprediksi meningkat 7 persen  dikarenakan Covid-19.  Studi lanjut keperawatan juga dapat dipertimbangkan agar untuk dapat bekerja dengan data dan manajemen.

3. Cybersecurity

Meningkatnya penggunaan teknologi dan jaringan tentunya meningkatkan  juga potensi terjadinya kejahatan cyber. Permintaan dari industri akan kemampuan cybersecurity juga semakin meningkat. Pekerjaan cybersecurity saat ini juga perlu dipertimbangkan karena di era pandemi, profesi ini tidak terlalu terpengaruh.

4. Sistem Informasi

Program studi ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang menggabungkan ilmu manajemen, bisnis, dan ilmu komputer. Prospek kerja jurusan ini juga sangat menjanjikan. Profesi di  bidang teknologi menjadi salah satu yang dapat terus berjalan saat pandemi. Prospek kerja dari jurusan ini di  antaranya application engineer, konsultan IT, programmer, dan digital marketing.

Jika kamu ingin kuliah sistem informasi, kamu dapat memilih Universitas Nusa Mandiri. Kampus IT satu ini juga membuka kesempatan untuk calon mahasiswa mendapatkan beasiswa kuliah. 

5. Bisnis Digital

Program studi Bisnis Digital masih jarang ditemukan di Indonesia. Jurusan ini mempelajari tentang bisnis yang dikembangkan dengan teknologi digital. Mahasiswa pada program studi ini mempelajari tentang start-up digital, big data, marketplace hingga artificial intelligence (AI).

Sebagai bentuk perwujudan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi melalui digitalisasi, Universitas Nusa Mandiri (UNM) juga membuka program studi Bisnis Digital. Jadi, jika kamu ingin mendalami tentang bisnis digital, kamu dapat mendaftarkan diri kamu sekarang juga.

Pandemi bukan halangan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Walaupun demikian, kamu perlu memperhatikan jurusan kuliah dengan prospek kerja yang sesuai dengan keinginan. Berkuliah di kampus IT dapat menjadi solusi untuk dapat berkarir sambil berkuliah. Universitas Nusa Mandiri (UNM) dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menempuh pendidikan.

Selain itu, Universitas Nusa Mandiri (UNM) juga membuka program beasiswa bagi kamu yang ingin kuliah dengan gratis. Beasiswa tersebut bertajuk program Beasiswa Tanpa Seleksi (BTS). Untuk info lengkap bisa melalui link  https://linktr.ee/NusaMandiri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA