Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Perumnas Gencarkan Inovasi Hunian

Kamis 22 Jul 2021 11:07 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi

Logo Perumnas. Perumnas menggencarkan inovasi pada proyek-proyek hunian yang digarap.

Logo Perumnas. Perumnas menggencarkan inovasi pada proyek-proyek hunian yang digarap.

Foto: foto istimewa
Perumnas optimistis inovasi hunian ini menjawab kebutuhan rumah masyarakat. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) terus melakukan inovasi dalam membangun hunian. Selain menggarap hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD), Perumnas juga mengaplikasikan precast pada hunian tapak.

Perumnas tengah menggarap proyek hunian berkonsep TOD di lokasi-lokasi yang sangat strategis. Hunian berkonsep TOD merupakan salah satu kunci ragam terobosan inovasi yang Perumnas tawarkan, baik hunian vertikal maupun tapak.

Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro menjelaskan, konsep hunian TOD ini sedang menjadi tren di kota-kota besar untuk dapat mengakomodasi para penghuni. "Sehingga hunian tidak terbatas sebagai tempat tinggal tapi juga menunjang mobilitas dan menghubungkan kawasan satu dengan lainnya," kata Budi dalam keterangan tulis di Jakarta, Kamis (22/7).

Proyek hunian TOD yang Perumnas garap seperti Samesta Mahata Tanjung Barat Jakarta, Samesta Mahata Margonda Depok, Samesta Mahata Serpong Tangerang Selatan, Samesta Parayasa Bogor, dan proyek Nusa Dua Bekala Medan.

Ragam terobosan inovasi lain dari Perumnas adalah penerapan sistem precast pada rumah tapak dengan tujuan pembangunan rumah yang lebih cepat, rapi, dan kualitas yang lebih baik. Biasanya precast lumrah diterapkan pada hunian vertikal seperti apartemen atau perkantoran.

Namun, kali ini Perumnas menerapkan material precast pada rumah tapak. Ketahanan kualitas rumah tapak menggunakan sistem ini pun menjadi lebih kokoh dari sistem pada umumnya.

Perumnas, lanjut Budi, juga menjadi pelopor revitalisasi pertama di Indonesia, meremajakan rumah susun lama menjadi hunian vertikal yang kapasitasnya lebih banyak, penambahan sarana prasarana, dan lebih kokoh dari sisi pembaharuan kualitas bangunan. "Ini sudah kami terapkan di Samesta Sukaramai Medan," kata Budi.

Perumnas, sambung Budi, terus berupaya memperluas bisnisnya dengan membangun lebih dari dua juta unit rumah di seluruh Indonesia. Budi optimistis terobosan inovasi hunian Perumnas dapat menjawab kebutuhan rumah bagi masyarakat Indonesia. 

Budi menambahkan ajang HUT Perumnas disemarakkan dengan sejumlah kegiatan seperti Perumnas IDEA Competition 2021 yaitu ajang unjuk gigi menghadirkan ide desain rumah untuk milenial, gelar wicara Perumnas Hunian untuk Milenial, serta gelar wicara Srikandi BUMN yang digelar secara virtual. 

"Kami berharap Perumnas sebagai BUMN dapat terus berkontribusi terhadap negara melalui penugasan menyediakan hunian serta mendapat dukungan penuh pemerintah dan mitra-mitra kami agar penugasan dapat terlaksana dengan baik," kata Budi menambahkan.

 

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA