DPR Dorong Pemerintah Segera Kirim Vaksin ke Daerah

Pemerintah diminta terus datangkan vaksin ke daerah yang kehabisan stok vaksin

Kamis , 22 Jul 2021, 10:20 WIB
Vaksinator menyiapkan vaksin Covid-19 saat vaksinasi massal di Cimahi, (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Vaksinator menyiapkan vaksin Covid-19 saat vaksinasi massal di Cimahi, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stok vaksin di beberapa daerah dikabarkan habis. Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta pemerintah untuk terus berupaya mendatangkan vaksin ke daerah yang kehabisan stok vaksin.

"Pemda sudah menjalankan perintah Presiden agar vaksin dihabiskan dan tidak ada lagi stok. Tinggal sekarang pemerintah yang harus gerak cepat untuk mendatangkan vaksin," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/7).

Ia mendorong pemerintah untuk segera memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 di sejumlah daerah. Sehingga tidak ada lagi laporan dari daerah bahwa vaksin habis sehingga vaksinasi terhenti. "Antusiasme rakyat untuk divaksin di sejumlah daerah jangan sampai menurun karena vaksin tidak tersedia," ujarnya.

Menurutnya vaksinasi tidak boleh terhenti untuk mengejar target herd immunity yang sudah ditetapkan pemerintah. Oleh karena itu perlu diimbangi oleh pengadaan vaksin yang juga cepat juga oleh pemerintah pusat

"Jangan sampai ada jeda. Vaksinasi jangan sampai terhenti karena vaksin tidak tersedia," ucapnya.

"Jadi pemerintah pusat yang mendatangkan vaksin harus kejar-kejaran dengan pemerintah daerah yang melaksanakan vaksinasi," imbuhnya.