Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Minati Goretzka, Madrid Ingin Ulangi Skema Kepindahan Alaba

Kamis 22 Jul 2021 10:04 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Leon Goretzka

Leon Goretzka

Foto: EPA-EFE/Alexander Hassenstein
Madrid menginginkan Goretzka tanpa uang transfer.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kontrak Leon Goretzka bersama Bayern Muenchen bakal berakhir pada Juni 2022 mendatang. Namun, hingga kini, berbagai tawaran perpanjangan kontrak dari manajemen Die Bayern terus ditolak oleh gelandang asal Jerman tersebut. 

Goretzka pun berpeluang meninggalkan Muenchen dengan status free transfer pada akhir musim 2021/2022. Kabarnya, Goretzka berharap adanya kenaikan gaji dalam kontrak terbarunya bersama Muenchen. 

Namun, Die Bayern belum bisa mengabulkan permintaan Goretzka tersebut. Alhasil, negosiasi perpanjangan kontrak gelandang timnas Jerman itu terus menemui jalan buntu, setidaknya dalam beberapa pekan terakhir. Buntunya perpanjangan kontrak Goretzka bersama Muenchen ini ternyata terus dipantau oleh Real Madrid. Bahkan, Los Blancos berharap bisa mengulangi skema kepindahan David Alaba kepada Goretzka. 

Pemain bertahan asal Austria itu akhirnya menerima pinangan Madrid pada Mei 2021 silam. Madrid tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dalam transfer Alaba lantaran kontrak pemain berusia 29 tahun itu bersama Muenchen telah habis pada akhir musim lalu. Upaya Muenchen untuk mempertahankan Alaba dengan tawaran kontrak baru berujung kegagalan dan akhirnya Alaba hijrah dengan status free transfer

''Madrid mendapatkan Alaba tanpa mengeluarkan dana transfer sepeser pun. Los Blancos pun berharap bisa mengulangi skema serupa dalam potensi kepindahan Goretzka pada tahun depan,'' tulis laporan Marca, Kamis (22/7). 

Situasinya pun terasa begitu tepat buat Los Blancos. Belum stabilnya situasi keuangan klub akibat pandemi Covid-19 membuat Madrid akan berhitung ulang sebelum merekrut gelandang anyar pada jendela transfer musim panas kali ini. Tidak hanya itu, dari segi kemampuan, Toni Kroos dan Luka Modric dinilai masih bisa tampil di level tertinggi, setidaknya untuk satu musim lagi. 

Di titik ini, kedatangan Goretzka ke Los Blancos pada awal musim 2022/2023 terasa begitu tepat. Pada saat itu, Kroos dan Modric tentu membutuhkan pemain pelapis. Terlebih, kontrak Modric juga akan berakhir. Pun dengan sinyal pensiun yang sempat diungkapkan oleh Kroos. 

Goretzka, yang baru berusia 26 tahun, dinilai sosok pemain yang tepat untuk meremajakan lini tengah Los Blancos. Kendati begitu, Madrid bukan satu-satunya klub yang tengah memantau situasi perpanjangan kontrak Goretzka di Bayern Muenchen. 

Manchester United disebut-sebut tengah membuka kemungkinan merekrut gelandang anyar untuk mengantisipasi kepergian Paul Pogba. Goretzka pun menjadi pemain yang cocok untuk mengisi satu tempat di lapangan tengah United.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA