Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Bielsa Dinilai Lebih Layak Tangani Klub Sebesar Barca

Kamis 22 Jul 2021 08:16 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa menyaksikan pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Southampton dan Leeds United di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Selasa, 18 Mei 2021.

Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa menyaksikan pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Southampton dan Leeds United di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Selasa, 18 Mei 2021.

Foto: Neil Hall / Pool via AP
Kontrak Bielsa saat ini sudah kadaluarsa di Leeds.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Mantan gelandang Tottenham Hotspur, Jamie O'Hara, menilai Leeds United cukup beruntung memiliki Marcelo Bielsa sebagai juru taktik. Bielsa, tutur O'Hara, merupakan pelatih kelas dunia dan lebih layak menangani klub yang lebih besar.

Bielsa resmi menukangi The Wihites pada 2018. Kendati gagal mengantarkan Leeds United promosi pada musim debutnya, pelatih asal Argentina itu sukses membawa The Whites merajai Divisi Championship pada musim 2019/2020 dan promosi ke Liga Primer Inggris.

Sentuhan magis eks pelatih Athletic Bilbao itu pun berlanjut di pentas Liga Primer Inggris. Meski berstatus tim promosi, Leeds sukses finish di peringkat kesembilan musim lalu. Secara teknis, kontrak Bielsa bersama Leeds United telah berakhir. Namun, sejumlah pihak menilai, pelatih berusia 65 tahun itu akan tetap bertahan di The Whites.

O'Hara mengakui, dengan segala kemampuannya dalam meracik strategi permainan dan mengangkat performa tim, Bielsa sebenarnya lebih layak menukangi tim-tim papan atas Eropa, tidak terkecuali Barcelona.

''Dia seharusnya berada di klub yang lebih besar. Harus diakui, dia layak menukangi klub-klub besar, seperti Barcelona. Saya tidak mengatakan Leeds adalah klub yang kecil dan Bielsa lebih baik meninggalkannya. Namun, dia adalah pelatih kelas dunia dan Leeds beruntung memilikinya,'' kata O'Hara seperti dikutip dari TalkSport, Kamis (22/7).

Kendati begitu, O'Hara menilai, Bielsa tidak akan cocok untuk menangani Tottenham Hotspur. Mantan klubya tersebut, tutur O'Hara, tidak memiliki ambisi yang cukup besar. Hal ini bisa mempengaruhi pertimbangan Bielsa dalam menerima tawaran dari klub lain, termasuk Spurs.

''Saya tentu menyambut baik apabila dia menangani Spurs. Namun, rasanya dia tidak akan hijrah dari Leeds dan memilih bergabung bersama Spurs. Tidak ada ambisi yang cukup besar di klub itu. Jika ada klub-klub seperti, PSG, Real Madrid, atau Barcelona datang ke Bielsa, maka sebaiknya dia menerima tawaran itu,'' kata O'Hara.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA