Kamis 22 Jul 2021 07:03 WIB

Taliban Kuasai Setengah dari Distrik di Afghanistan

Situasi Kabul memburuk

Pasukan Taliban bersiap untuk melakukan pertempuran di distrik Ghorband di provinsi Parwan, Afghanistan.
Foto: Al Jazeera.com
Pasukan Taliban bersiap untuk melakukan pertempuran di distrik Ghorband di provinsi Parwan, Afghanistan.

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS) Jenderal Mark Milley mengatakan, Taliban menguasai sekitar setengah dari pusat distrik Afghanistan, Rabu (21/7). Keberhasilan milisi itu dalam merebut wilayah menunjukkan situasi keamanan yang memburuk dengan cepat di Kabul.

"Momentum strategis tampaknya seperti dengan Taliban," kata Jenderal Milley.

Milley mengatakan, lebih dari 200 dari 419 pusat distrik berada di bawah kendali Taliban. Bulan lalu, dia mengatakan Taliban menguasai 81 pusat distrik di Afghanistan. Sementara kelompok itu tidak mengambil alih ibu kota provinsi mana pun, mereka menekan setengah dari wilayah Afghanistan.

Ketidakamanan telah meningkat di Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir. Sebagian besar didorong oleh pertempuran di provinsi-provinsinya ketika pasukan asing pimpinan AS menyelesaikan penarikan dan Taliban melancarkan serangan besar, mengambil distrik dan penyeberangan perbatasan.

 

Pemerintah menuduh Taliban menghancurkan ratusan gedung pemerintah di 29 dari 34 provinsi di negara itu. Taliban menyangkal tuduhan perusakan besar-besaran oleh para milisi.

Sebanyak 15 misi diplomatik dan perwakilan NATO di Afghanistan pada awal pekan, mendesak Taliban untuk menghentikan serangannya. Desakan ini muncul hanya beberapa jam setelah pihak saingan Afghanistan gagal menyepakati gencatan senjata pada pertemuan perdamaian di Doha.

Presiden AS Joe Biden telah mengakhiri secara resmi misi militer AS di Afghanistan pada 31 Agustus. Dia berupaya melepaskan diri dari konflik yang dimulai setelah serangan Alqaeda di AS pada 11 September 2001. Hampir semua tentara AS, kecuali yang melindungi kedutaan di Kabul dan bandara, telah meninggalkan negara itu. Dwina Agustin/reuters

https://www.reuters.com/world/asia-pacific/half-all-afghan-district-centers-under-taliban-control-us-general-2021-07-21/

 
 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement