Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Pfizer akan Produksi Vaksin Covid-19 di Afrika Selatan

Kamis 22 Jul 2021 06:36 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini

 Seorang petugas kesehatan bersiap untuk memberikan vaksin Covid-19 Pfizer, ilustrasi

Seorang petugas kesehatan bersiap untuk memberikan vaksin Covid-19 Pfizer, ilustrasi

Foto: AP/Vincent Thian
Perusahaan Afrika, Biovac akan menerima bahan untuk vaksin dari Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Pfizer mengumumkan pada Rabu (21/7), sebuah perusahaan Afrika Selatan akan mulai memproduksi vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19. Pengumuman Pfizer membuat negara itu menjadi yang pertama memproduksi di Afrika. 

Institut Biovac yang berbasis di Cape Town akan memproduksi vaksin untuk didistribusikan di seluruh Afrika, sebuah langkah yang akan membantu mengatasi kebutuhan mendesak benua itu di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Baca Juga

Biovac akan menerima bahan dalam jumlah besar untuk vaksin dari Eropa dan akan mencampur komponennya, memasukkannya ke dalam vial, dan mengemasnya untuk didistribusikan. Produksi akan dimulai pada 2022 dengan tujuan mencapai lebih dari 100 juta dosis jadi setiap tahun. Dosis produksi Biovac akan didistribusikan di antara 54 negara Afrika.

Kepala eksekutif Biovac Dr. Morena Makhoana menyatakan, pengembangan itu merupakan langkah penting dalam meningkatkan akses Afrika ke vaksin Covid-19 yang efektif. Sedangkan CEO Albert Bourla mengatakan, tujuan Pfizer adalah memberikan akses ke vaksinnya kepada orang-orang di mana saja.

Afrika Selatan mengandalkan vaksin Pfizer dalam upaya inokulasi massalnya. Negara itu telah membeli 40 juta dosis vaksin Pfizer yang tiba dalam pengiriman mingguan.

Vaksin Johnson & Johnson sudah diproduksi di Afrika Selatan. Pabrik Aspen Pharmacare di Gqeberha, sebelumnya Port Elizabeth, membuat vaksin J&J dalam proses pengisian dan penyelesaian yang sama. Perusahaan itu memiliki kapasitas untuk membuat lebih dari 200 juta dosis vaksin setiap tahun. Vaksin J&J yang dibuat di Afrika Selatan juga didistribusikan ke seluruh benua Afrika.

 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA