Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Dokter: Pakai Masker Saat Bertemu Orang Tua, Penting!

Rabu 21 Jul 2021 19:29 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Dokter menyarankan agar Anda menggunakan masker setiap bertemu orang tua (ilustrasi).

Dokter menyarankan agar Anda menggunakan masker setiap bertemu orang tua (ilustrasi).

Foto: ANTARA/IRWANSYAH PUTRA
Risiko kematian lansia yang terinfeksi Covid-19 sangat tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar duka datang silih berganti hampir setiap hari selama pandemi Covid-19. Satu persatu orang yang Anda kenal, terutama dari kelompok lanjut usia (lansia) meninggal dunia karena Covid-19.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Ari Fahrial Syam, menjelaskan tentang FKUI dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI  yang dilakukan juga dipublikasi pada tahun lalu, tapi masih bisa digunakan untuk antisipasi dalam mencegah terjadinya kematian Covid-19 saat ini. Hasil studi ini menukan usia tua, sesak napas, pneumonia, dan riwayat hipertensi berhubugan dengan risiko kematian. 

"Secara khusus, saya akan mengangkat masalah umur, semakin tua umur semakin tinggi angka kematiannya ketika terpapar Covid-19," ujarnya dam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (21/7).

Hasil penelitian ini menemukan mereka yang terinfeksi Covid-19 dalam usia tua, kemungkinan meninggalnya sangat tinggi. Data menunjukkan mereka yang meninggal adalah pasien orang tua di atas 70 tahun (30,11 persen), pasien umur 50 sampai 69 tahun (14,70 persen), serta pasien umur 20 sampai 49 tahun (3,38) persen.

Melihat data riset di Jakarta yang meliputi 4.052 pasien Covid-19 ini, memberikan pesan penting untuk masyarakat. Apabila orang tua Anda yang hanya tinggal saja di rumah terinfeksi Covid-19, berarti penularan datang dari orang sekitar yang masih keluar rumah.

"Oleh karena itu, saya mengimbau teman-teman semua, ketika di rumah dan dekat dengan orang tua, gunakan masker. Masker, insya Allah, menyelamatkan orang sekitar dan orang tua kita," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA