Rabu 21 Jul 2021 18:52 WIB

Manfaat Meditasi Pernapasan, Hanya Perlu Lima Menit

Kemampuan regulasi emosi yang baik bisa dilatih dengan melakukan meditasi pernapasan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Manfaat meditasi (ilustrasi).
Foto: Republika.co.id
Manfaat meditasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapan terakhir kali Anda tidak sibuk? Mengurus rumah, bekerja, hingga mengurus keluarga, terkadang membuat Anda kurang beristirahat. Tidak heran waktu 24 jam terasa kurang.

Anda merasa bingung dan lelah dengan rutinitas sehingga Anda mungkin merasa hidup seperti robot. Ternyata, kualitas hidup Anda bisa berubah menjadi lebih baik jika Anda mau memberikan waktu istirahat sejenak kepada diri dan pikiran Anda dengan melakukan meditasi pernapasan.

Apa itu meditasi pernapasan? Psikolog, konselor dari aplikasi konseling Riliv, Prita Yulia Maharani, M Psi, menjelaskan teknik meditasi ini mendorong Anda untuk mengatur pernapasan. Ketika menarik dan mengeluarkan napas, saat inilah Anda melepaskan semua beban di pikiran sehingga setelah melakukan meditasi Anda bisa merasa lebih tenang.

"Sebenarnya, meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan umum dilakukan," ujarnya dam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (21/7).

Prita menyebut, melakukan meditasi pernapasan tidaklah sulit. Anda hanya perlu meluangkan waktu tiga sampai lima menit. Jika Anda masih ragu untuk melakukan meditasi pernapasan, ini dia lima manfaatnya:

1. Meningkatkan mood dan kemampuan regulasi emosi

Saat sibuk beraktivitas, Anda merasa lelah dan ini berdampak pada mood yang memburuk dan emosi yang tidak stabil. Padahal penting untuk bisa mengendalikan setiap emosi yang muncul, mulai dari emosi marah, senang, sedih, kecewa. Kemampuan regulasi emosi yang baik dapat dilatih dengan melakukan meditasi pernapasan. 

2. Memperbaiki kualitas tidur

Bukan rahasia lagi,mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah sulit. Padahal setelah seharian bekerja, Anda berharap bisa tidur dengan nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik. Entah kenapa saat mau tidur, rasanya otak tidak mau berhenti berpikir. Ini semua bisa diatasi jika Anda menyempatkan diri untuk melakukan meditasi pernapasan sebelum tidur. 

3. Melancarkan pencernaan

Anda sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit? Ini bisa diatasi dengan meditasi. Meditasi pernapasan terbukti membuat kondisi perut lebih tenang dan nyaman. Selain itu, saat meditasi, proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja optimal. 

4. Meningkatkan konsentrasi

Sering hilang fokus atau sulit berkonsentrasi? Jangan khawatir. Ini bisa diatasi dengan meditasi. Meditasi pernapasan terbukti meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperkuat durasi fokus saat beraktivitas. 

5. Meningkatkan ketenangan batin

Manfaat lain meditasi pernapasan membuat jiwa dan pikiran lebih fresh, tenang, dan damai. Perasaan tenang ini membuat Anda lebih sabar, pemaaf, dan bijaksana dalam berperilaku karena Anda benar-benar menyadari konsekuensi yang Anda dapatkan dari perilaku tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement