Rabu 21 Jul 2021 18:05 WIB

Ratusan Santri Al Huda Doglo Boyolali Ikut Vaksinasi Massal

Nantinya, vaksinasi massal akan dilanjutkan ke seluruh ponpes di Kabupaten Boyolali.

Ratusan Santri Al Huda Doglo Boyolali Ikut Vaksinasi Massal. Ilustrasi
Foto: dok. Istimewa
Ratusan Santri Al Huda Doglo Boyolali Ikut Vaksinasi Massal. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Ratusan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Huda Doglo Desa Candi Gatak, Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mengikuti vaksinasi massal, Rabu (21/7).

Komandan Kodim (Dandim) 0724 Boyolali Letkol Arm. Ronald Febriano Siwabessy mengatakan bersama Polres Boyolali menggelar vaksinasi massal dalam acara Serbuan Vaksinasi Covid-19 TNI. Ronald mengatakan vaksinasi di Ponpes Al Huda Doglo Cepogo tersebut merupakan awal pelaksanaan vaksinasi massal. 

Baca Juga

Nantinya, vaksinasi massal akan dilanjutkan ke seluruh ponpes di Kabupaten Boyolali. "Santri yang terlibat vaksinasi pada gelombang pertama ini, sebanyak 400 orang. Namun, totalnya nanti program vaksinasi massal sebanyak 1.000 santri per hari. Jadi ini, baru hari pertama, gelombang pertama, gelombang keduanya akan kami laksanakan Kamis (22/7)," katanya.

Ronald menjelaskan setiap hari jajaran Kodim 0724 Boyolali akan memberikan vaksinasi kepada 1.000 orang santri di ponpes-ponpes di wilayah Boyolali. Menurut dia, santri merupakan sasaran yang tepat untuk menjadi inisiator pelaksanaan vaksinasi massal. Santri-santri yang sudah ditanamkan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme, bisa menjadi pahlawan-pahlawan kekinian. "Dengan cara kami mau memberi diri kami untuk divaksinasi, agar tidak berpotensi terkena atau mencegah virus corona kepada masyarakat dan lingkungan keluarganya," katanya.

Pengasuh Ponpes Al Huda Doglo Cepogo KH. Habib Ichsanudin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan vaksinasi yang menyasar para santrinya. Dengan adanya kegiatan ini, membuktikan pemerintah bersungguh-sungguh dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah dan khusus kepada TNI yang mempelopori ke pondok-pondok pesantren," katanya.

Ponpes Al Huda Doglo salah satu pondok pesantren ternama di Kabupaten Boyolali, dengan jumlah santrinya sekitar 700 orang. Namun, karena beberapa hal, hanya sekitar 400 orang yang bermukim di Ponpes Al Huda.

Mereka terdiri dari 250 santri putri dan 150 santri putra. Habib mengaku sampai saat ini masih banyak mendapatkan permintaan untuk menerima santri di ponpes miliknya. Namun, karena situasi pandemi, ia belum sanggup untuk lebih banyak menampung santri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement