Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Meraba Pilihan Cristiano Ronaldo dan Calon Penggantinya

Rabu 21 Jul 2021 16:42 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo.

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo.

Foto: Republika.
Rumor Ronaldo bakal keluar dari Juventus tampaknya lebih menguat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada pengujung musim 2020/2021, Cristiano Ronaldo mengeluarkan pernyataan bernada kepuasan. Ini tentang kariernya di Juventus.

Secara tim, Juve baru saja menjalani momen sulit. Skuad Bianconeri nyaris gagal lolos ke Liga Champions. Untungnya, pasukan hitam-putih masih bisa berpesta lewat trofi Coppa Italia dan Piala Super Italia.

Dalam tulisan di media sosial (medsos) miliknya, Ronaldo merasa sudah mencapai target pribadi selama berseragam si Nyonya Tua. Ia merincikan bagaimana dirinya merasakan semua trofi domestik di Italia. Secara individu, ia juga pernah menjadi pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak di Serie A Liga Italia.

Sebuah kesimpulan subyektif. Sebagian penikmat sepak bola tahu, ia didatangkan untuk membantu klub raksasa Turin agar kembali memenangkan Liga Champions. Maklum selama dua dekade terakhir, beberapa kali Juve selalu gagal, kendati melaju hingga ke tahapan final.

Tanpa Ronaldo pun, Juventus sudah merajai Negeri Spaghetti selama bertahun-tahun. Namun postingan kapten tim nasional Portugal tersebut, memancing reaksi khalayak. Terutama media.

Muncul pertanyaan, apakah Ronaldo bakal meninggalkan Allianz Stadium? Eks Real Madrid ini memilih bungkam hingga memasuki periode akhir masa liburannya.

Pemberitaan mengenai masa depan jebolan akademi Sporting Lisbon ini kembali nyaring terdengar. Sang bintang memberi petunjuk, dirinya akan segera memastikan detail kelanjutan kariernya. Dalam sebuah postingan di medsosnya, CR7, julukan Ronaldo, terlihat berdiri di depan mobil mewah Rolls Royce miliknya.

Ia menuliskan caption 'Decision Day'. "Menurut Tuttomercatoweb, agen Ronaldo, Jorge Mendes, akan bertemu pihak Juventus," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Selasa (20/7).

Jika menelaah kalimat singkat di postingan Ronaldo, pertemuan ini bukan diskusi biasa. Jelas, kedua kubu bakal menentukan keputusan. Dari sisi Ronaldo, pilihannya cuma dua, bertahan atau hengkang.

Jika bertahan, Juventus diprediksi memperpanjang masa tugas sang bintang. Pasalnya, kontrak CR7 di Allianz Stadium hingga Juni 2022. Musim depan, eks Manchester United ini berstatus agen bebas.

Namun, rumor Ronaldo bakal keluar dari klub raksasa Turin, tampaknya lebih menguat. Sejumlah skenario mulai disiapkan. Intinya, Bianconeri sedang mencari kandidat pengganti peraih lima penghargaan pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu.

Nama pertama ada Gabriel Jesus. "Juve dikabarkan ingin meminjam Jesus dari Manchester City. Kemudian ada opsi membeli pada akhir musim," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia.

Jebolan akademi Palmeiras ini mulai kesulitan menembus starting XI Man City. Musim lalu, ia lebih banyak turun dari bangku cadangan. Ada peluang bagi Juve untuk mendapatkan servis yang bersangkutan.

Permasalahannya, Man City lebih menginginkan penjualan permanen. Pemilik Etihad Stadium membanderol Jesus di kisaran 65 juta euro. "Itu di luar kemampuan Juve saat ini," tambah laporan dari Football Italia.

Berikutnya, si Nyonya Tua mengincar penyerang muda asal Negeri Samba, Kaio Jorge. Wonderkid 19 tahun itu berseragam Santos. Rupanya AC Milan juga menginginkan Jorge.

Milan justru lebih berpeluang mengamankan jasa Jorge. Rossoneri sudah menyiapkan dana enam juta euro untuk membeli sang striker. Namun Juve bisa bermanuver lebih, andai Ronaldo menuju tempat lain.

Teranyar, muncul nama Mauro Icardi. Bomber asal Argentina ini masih terikat kontrak dengan Paris Saint-Germain (PSG). Menurut L'Equipe, bakal ada pertukaran pemain. Icardi menuju Bianconeri. Sebagai gantinya, PSG mendapatkan Ronaldo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA