Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Wayne Rooney Frustrasi atas Keterbatasan Perekrutan Pemain

Kamis 22 Jul 2021 00:31 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar

Wayne Rooney memilih gantung sepatu untuk fokus menjadi pelatih Derby County.

Wayne Rooney memilih gantung sepatu untuk fokus menjadi pelatih Derby County.

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Ini tantangan, itu tidak ideal dan merupakan sesuatu yang selalu saya sadari

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manajer Derby County, Wayne Rooney tidak memiliki awal mudah setelah memimpin tim secara permanen pada November tahun lalu. Salah satunya adalah kesulitan perekrutan pemain.

Hal ini karena klub terkena embargo transfer. Di mana klub memiliki keterbatasan untuk menambah pemain mereka.

Rooney dipaksa untuk bekerja dengan hanya 13 pemain dalam skuad mereka. Meskipun dalam laga uji coba melawan Manchester United pada pekan lalu, Derby Country menurunkan pemain seleksi mereka seperti Ravel Morrison dan Phil Jagielka.

Dilansir dari laman Metro, syarat klub untuk bermain di kompetisi profesional adalah memiliki pemain minimal 23 orang yang terikat dengan kontrak profesional. Untuk mendapatkan kontrak tersebut, pemain harus mencatatkan satu kali penampilan di tim utama dalam pertandingan kompetitif di luar piala EFL.

"Ini tantangan, itu tidak ideal dan merupakan sesuatu yang selalu saya sadari dan saya terus berusaha untuk mendapatkan jawaban," kata Rooney mengutarakan rasa frustasinya.

"Saat ini saya belum mendapatkan apa yang saya inginkan jadi saya harus fokus pada pemain saja. Saya tidak seratus persen yakin dengan seluk beluknya (pengambilihan), jadi saya hanya fokus pada sepak bola," kata Rooney.

Rooney turut mengutarakan keinginannya untuk merekrut kembali bek Manchester United, Teden Mengi. Mengi menghabiskan musim lalu sebagai pemain pinjaman di Pride Park.

"Teden tampil luar biasa untuk kami musim lalu. Saya pikir dia semakin baik tapi sayangnya dia cedera menjelang akhir musim," kata Rooney.

Dia mengaku tidak ada yang bisa dilakukan untuk merekrut kembali Teden. Padahal, Mengi pun tertarik untuk kembali bermain bersama Derby.

"Saya pikir dia dan Manchester United tahu, dia adalah pemain yang saya sukai. Tangan saya terikat di belakang saya saat ini," kata Rooney.

Regulasi terbaru EFL menyebutkan bahwa ketentuan embargo membuat pemain bebas agen hanya dapat diberikan kontrak 12 bulan. Sementara pemain pinjaman dibatasi hingga enam bulan. Namun Mengi masih dapat direkrut secara permanen jika Manchester United mengizinkan kepergiannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA