Rabu 21 Jul 2021 14:31 WIB

Mahasiswa UNY Ukir Prestasi di WSEEC 2021

Peserta lomba sebanyak 288 tim dari 21 negara seluruh dunia.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UNY.
Foto: Dokumen.
Kampus UNY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih medali perak di World Science Environment and Engineering Competition (WSEEC) 2021. WSEEC merupakan kompetisi yang diselenggarakan Internasional Young Scientist Association (IYSA).

Ada Adlan Nufahaidar (Teknik Elektro), Rema Wafiqoh Ulya (PGSD), Lutfiana Wahyu Savitri (Manajemen Pendidikan), Rima Nurkhadijah Mamonto, dan Shofia Dewi Fortuna (Kimia). Lomba diikuti tingkat elementary, secondary, university dari seluruh dunia.

Rima mengatakan, sesi penilaian kompetisi dilakukan 18 Juni 2021 dan pengumuman pemenang serta pemberian penghargaan dilaksanakan pada 20 Juni 2021. Total, ada peserta lomba sebanyak 288 tim dari 21 negara-negara seluruh dunia ikut serta.

Pada kesempatan itu, Tim UNY berkompetisi membawa karya dengan judul Spugames: A Learning Media Innovation of the Periodic Element System Through Interactive Games Based on Joyful and Meaningful Learning for Senior High School Students.

 

Ia menjelaskan, Spugames merupakan media pembelajaran sistem periodik unsur yang dikembangkan berbasis permainan interaktif dan dikemas dengan desain yang menarik. Sehingga, diharapkan bisa meningkatkan motivasi belajar bagi siswa.

"Agar lebih memudahkan siswa untuk belajar dan memahami materi yang diajarkan, sehingga bisa meningkatkan efektivitas proses pembelajaran jarak jauh (daring)," kata Rima.

Spugames memiliki sistem permainan guru dan siswa yang dibagi peran jadi Spumo, Spuno, dan Spupar. Poin yang bisa diambil dari saat siswa paham mengenai materi sistem periodik unsur, kata yang telah diberi dapat dideskripsikan dengan baik.

"Hal ini dapat menguji seberapa paham siswa dengan materi tersebut dilihat dari bagaimana siswa mendeskripsikan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement