Rabu 21 Jul 2021 10:19 WIB

6 Tips Wajah Sehat dari Profesional Korea

Korean Beauty atau K-Beauty kini punya popularitas tinggi di seluruh dunia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Korean Beauty atau K-Beauty kini punya popularitas tinggi di seluruh dunia.
Foto: male raffine
Korean Beauty atau K-Beauty kini punya popularitas tinggi di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korean Beauty atau K-Beauty kini punya popularitas tinggi di seluruh dunia. Buktinya, konsumen lintas negara memakai berbagai produk perawatan kulit dari Korea Selatan.

K-Beauty berfokus pada kesehatan kulit sehingga menghasilkan wajah yang glowing. Para profesional di industri K-Beauty mengungkap sejumlah kiat agar semua orang bisa mendapat kulit sehat tersebut, dikutip dari laman Vogue, Rabu (21/7).

Baca Juga

 

1. Pembersih yang tepat

Pendiri jenama Oh My Gloss, Sarah Oh, menyarankan memilih produk pembersih wajah yang tepat. Apalagi, cuaca panas dan kelembapan membuat pori-pori wajah memproduksi banyak minyak dan keringat, sehingga wajah jadi lebih kotor.

Pilih pembersih dengan kandungan pH rendah untuk membersihkan wajah dan menjaga kulit tetap sehat. Meski begitu, menurut Oh sebaiknya tidak mencuci wajah secara berlebihan karena bisa mengelupas kulit dan membuatnya kering.

 

2. Tabir surya

Setelah produk dasar berupa pembersih, tabir surya tak boleh dilewatkan. Pemilik toko kecantikan daring Dot Dot Skin, Elisa Lee, mengatakan pemakaian tabir surya jadi keharusan dalam perawatan wajah rutin, baik untuk aktivitas di dalam atau luar ruangan.

Aplikasikan kembali tabir surya jika dirasa perlu. "Saya merekomendasikan untuk memakainya juga di leher dan tangan, pakai juga lip balm yang mengandung SPF. Area-area ini sering terlupakan, tapi sangat penting," kata Lee.

 

3. Tiga mantra penting

Penggagas blog The Beauty Wolf, Coco Park, punya tiga mantra penting untuk merawat kulit: tidak rumit, tetap segar, dan produk yang aman. Saat cuaca panas, Park suka menyimpan sebagian produk perawatan kulitnya di kulkas.

Menurut dia, itu membuat produk terasa lebih menyegarkan ketika dipakai, baik masker maupun gel mata. Cuaca panas pun kerap memicu wajahnya memerah sehingga dia senang memakai face mist guna meningkatkan hidrasi kulit.

 

4. Perhatikan aplikasi produk

Kulit mudah iritasi saat cuaca panas, sehingga cara pengaplikasian produk perawatan wajah juga perlu diperhatikan. Ini disampaikan oleh penulis blog K-beauty Skinfull of Seoul, Katherine Spowart.

Gunakan tangan untuk mengoleskan produk alih-alih kapas agar tidak menyebabkan banyak gesekan pada kulit. Spowart juga kerap merasa kulitnya panas, kering, dan memerah di hari tertentu. Untuk meredakan itu, dia memakai toner dan sheet mask.

 

5. Masker sebelum tidur

Salah satu pendiri merek kecantikan Glow Recipe, Sarah Lee, suka mengamati ritual kecantikan yang dilakukan nenek dan ibunya sejak kecil. Salah satu praktik umum adalah menggosok berbagai bahan alami pada kulit.

Memori itu menegaskan kemanjuran dari bahan-bahan alami, yang juga diterapkan oleh Glow Recipe. Beragam produk perawatan kulit dari jenama tersebut pun menggunakan formula bahan alami.

Saran dari Lee untuk wajah glowing termasuk melakukan facial mandiri rutin di rumah serta masker sebelum tidur. Produk bisa disimpan di kulkas 30 menit sebelum pemakaian untuk efek lebih menyegarkan.

 

6. Produk berbahan semangka

Rekan CEO dan pendiri jenama kecantikan Glow Recipe, Christine Chang, menganggap semangka adalah bahan utama yang baik untuk produk perawatan wajah. Pasalnya, bersifat mendinginkan sekaligus melebur dengan baik dengan bahan aktif lain.

Produk untuk kulit sehat yang dia sarankan termasuk toner, pelembap, dan serum berbahan semangka. "Kami suka memformulasi produk yang menghidrasi, menghaluskan, dan menyeimbangkan kulit dengan ekstrak semangka," tutur Chang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement