Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

BSI-BSM Umat Siap Salurkan 50 Ribu Daging Kurban

Rabu 21 Jul 2021 09:42 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda

Pekerja memberi pakan pada kambing kurban, (ilustrasi). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSM Umat) siap menyalurkan lebih dari 50 ribu kantong hewan kurban ke seluruh pelosok Indonesia.

Pekerja memberi pakan pada kambing kurban, (ilustrasi). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSM Umat) siap menyalurkan lebih dari 50 ribu kantong hewan kurban ke seluruh pelosok Indonesia.

Foto: ANTARA/SISWOWIDODO
Total hewan kurban sebanyak 2.107 setara kambing ini naik 61 persen dari tahun 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSM Umat) siap menyalurkan lebih dari 50 ribu kantong hewan kurban ke seluruh pelosok Indonesia. Direktur Eksekutif BSMU, Sukoriyanto Saputro menyampaikan Program Kurban 1442H/2021 telah menghimpun sebanyak 2.107 hewan kurban setara kambing per 19 Juli 2021.

"Diperkirakan jumlahnya masih akan meningkat hingga penutupan program pada Kamis nanti, setelah itu kami siap salurkan lebih dari 50 ribu kantong daging ke seluruh pelosok Indonesia," katanya dalam Seremonial Penyaluran Hewan Kurban di tiga masjid secara virtual, Rabu (21/7).

Sukoriyanto mengatakan, total hewan kurban sebanyak 2.107 setara kambing ini naik 61 persen dari 1.301 setara kambing pada 2020. Saat itu penyaluran daging sebanyak total 50 ribu kantong.

Penghimpunan hewan kurban melalui sejumlah kanal baik offline dari kantor BSM Umat, outlet Bank Syariah Indonesia maupun online melalui BSI Mobile, situs crowdfunding Jadi Berkah, juga situs BSM Umat. Sukoriyanto mengatakan kolaborasi dengan BSI sebagai mitra strategis ini telah menyukseskan program.

Program Kurban 1442H kali ini bertujuan menyalurkan daging hewan kurban pada kaum dhuafa dan membutuhkan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ini Idul Adha dilakukan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Idul Adha pada 2021 ini juga merupakan tahun kedua Idul Adha di tengah pandemi Covid-19. Semakin banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan karena dampak pandemi. Ia berharap momen Idul Adha digunakan untuk terus melakukan kebaikan dan menebah kemaslahatan.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, PPKM tidak menyurutkan antusiasme masyarakat dalam melakukan ibadah kurban sebagai wujud syukur dan berbagi pada sesama. BSI sendiri turut serta memberi akses pada masyarakat untuk menyalurkan kurban melalui berbagai kanal dalam program qurban from home.

"BSI bekerja sama dengan 19 Lembaga Amil Zakat termasuk BSM Umat untuk pembelian hewan kurban," katanya.

BSI mengalokasikan Rp 4,8 miliar untuk pelaksanaan kurban ini. Ia berharap jumlah dana ini meningkat seiring dengan bisnis BSI. Per 19 Juli 2021, BSI telah salurkan total sekitar 3.500 hewan kurban kambing dan sapi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA