Selasa 20 Jul 2021 22:18 WIB

Tetap Produktif Kala Pandemi ala Prodi Ilkom UNM

Tetaplah  membuat karya-karya terbaik sebagai bahan pengkajian.

Prodi Ilmu Komputer (S2) Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menggelar kegiatan virtual workshop, Ahad (4/7).
Foto: Dok UNM
Prodi Ilmu Komputer (S2) Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menggelar kegiatan virtual workshop, Ahad (4/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pandemi bukan menjadi halangan untuk tetap produktif dalam berkarya menghasilkan artikel-artikel populer ataupun artikel ilmiah. Program studi (prodi) Ilmu Komputer (S2) Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menggelar kegiatan virtual workshop. Virtual workshop kali ini mengusung tema  ‘How to Write & Presentate  International Scientific Articles for Conference’, pada Ahad (4/7).

Virtual workshop ini menghadirkan narasumber luar biasa dan ahli di bidangnya yakni Dr Eng Muhammad Haris yang merupakan seorang AI Research Manager BukaLapak. Kegiatan dipandu oleh moderator, Laela Kurniawati, dan host Wawan Kurniawan.

Eni Heni Hermaliani selaku sekretaris Prodi Ilmu Komputer UNM mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan membekali para mahasiswa/i khususnya semester II.

“Agar mahasiswa memiliki bekal dalam menulis karya ilmiah yang akan dipublikasikan dan bagaimana mempresentasikannya di  tingkat internasional,” ujarnya dalam sambutan kegiatan, Ahad (4/7).

Sementara itu, Kaprodi Ilmu Komputer UNM, Dr Hilman F Pardede memberikan motivasi kepada peserta untuk semangat dalam membuat paper dan mempublikasikannya baik di jurnal nasional atau international conference.

“Mari tetap produktif di kala pandemi ini, dengan tetap membuat karya-karya terbaik sebagai bahan pengkajian atas ilmu pengetahuan yang dimiliki,” katanya memberikan motivasi pada peserta workshop virtual, Ahad  (4/7).

Selanjutnya Dr Eng Muhammad Haris selaku narasumber pada kegiatan virtual workshop menyampaikan bagaimana tips dan trik memulai menulis agar karya tulis yang dibuat memiliki kualitas yang baik sehingga menarik perhatian reviewer. 

Selain itu ia juga memberi tips bagaimana membawakan presentasi karya tulis pada conference agar materi dari paper bisa tersampaikan dalam waktu yang sesingkat mungkin. 

“Agar karya tulis dapat diterima skala internasional maka penulis harus tentukan dahulu jenis dari makalahnya. Penulis dapat menunjukkan kontribusi yang jelas dan pola pikir yang kritis. Karena jurnal atau karya tulis memiliki reputasi ranking yang dibagi menjadi empat kuartil (Q1, Q2, Q3 dan Q4),” paparnya.

Selain itu katanya, dalam menulis karya ilmiah sebaiknya menggunakan model IMRAD (Introduction, Methods, Results And Discussions).

“Kemudian siapkan figur dan tabel yang digunakan untuk menampilkan gambar, diagram dan tampilan grafis sedangkan tabel dapat digunakan untuk menampilkan data dan hasil dari metode yang digunakan. Dan terakhir tulislah karya ilmiah dengan bahasa yang formal,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement